Pemanfaatan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran PAI Siswa Pokok Bahasan Haji Dan Umrah Di Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif 4 SMK PGRI 2 Ponorogo

Sari, Sally Gita Novita (2022) Pemanfaatan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran PAI Siswa Pokok Bahasan Haji Dan Umrah Di Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif 4 SMK PGRI 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180201_SALLY GITA NOVITA SARI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SARI, SALLY GITA NOVITA. 2022. Pemanfaatan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan
Hasil Pembelajaran PAI Siswa Pokok Bahasan Haji dan Umrah di Kelas X Teknik
Kendaraan Ringan Otomotif 4 SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing Dedi Hasnawan, M. Pd.

Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar, PAI

Pembelajaran konvensional akan mengakibatkan siswa merasa bosan dan pasif sehingga
tidak tertarik untuk belajar. Pembelajaran yang membosankan akan berpengaruh terhadap hasil
pembelajaran. Seperti yang terjadi di kelas Teknik Kendaraan Ringan Otomotif 4 ini
bahwasannya masih banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Hal ini disebabkan
karena siswa merasa bosan dengan proses belajar mengajar di kelas, pada saat pembelajaran
berlangsung ada siswa yang tidak begitu memperhatikan, bahkan ada yang mengantuk. Untuk itu
dalam pembelajaran PAI agar dapat menarik perhatian siswa dan dapat menjadikan hasil
pembelajaran menjadi meningkat, maka diperlukan sebuah media pembelajaran. Salah satu
media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu media audio visual. Media audio visual
merupakan sebuah alat yang menampilkan gambar dan suara sesuai objek realitasnya.
Keuntungan pemanfaatan media audio visual yaitu siswa dapat belajar dengan alat indra ganda
yaitu penglihatan dan pendengaran.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penggunaan media audio visual dalam
meningkatkan hasil pembelajaran PAI siswa di kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif 4
SMK PGRI 2 Ponorogo, (2) Menganalisis perubahan dari pemanfaatan media audio visual dalam
meningkatkan hasil pembelajaran PAI siswa di kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif 4
SMK PGRI 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
dengan dua siklus. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi.
Objek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif 4 SMK PGRI 2
Ponorogo yang berjumlah 38 siswa.
Dari hasil penelitian pada mata pelajaran PAI dengan pemanfaatan media audio visual
menunjukkan adanya peningkatan dari hasil belajar dari setiap siklusnya. Terlihat hasil
pembelajaran pada siklus I untuk aspek kognitif dengan predikat tuntas sebanyak 66%
meningkat menjadi 87% pada siklus II. Begitu juga untuk aspek psikomotor, kategori sangat baik
yang semula 11% meningkat menjadi 34%, kategori baik yang semula 34% meningkat menjadi
37%, kategori cukup yang semula 26% turun menjadi 21% dan kategori kurang yang semula
29% turun menjadi 8%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media audio visual
dapat meningkatkan hasil pembelajaran PAI siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif 4
SMK PGRI 2 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dedi Hasnawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:58
Last Modified: 20 Jun 2022 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19205

Actions (login required)

View Item View Item