Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta'lim Muta'alim Terhadap Sikap Murid Dan Guru Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo

Rohman, Haidar Abdur (2022) Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta'lim Muta'alim Terhadap Sikap Murid Dan Guru Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-Thesis 201180093 HAIDAR ABDUR ROHMAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Melihat di lokasi penelitian tedapat perbedaan antara santri baru dan santri lama yang sudah mukim lama di pondok, perbedaan tersebut terdapat pada adab dan sikap ta’dhim kepada gurunya. Dimana santri baru tersebut, kurang memahami bagaimana adab dan ta’dhim kepada gurunya. Dan dengan melalui pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim, penelitian ini diharapkan bisa menjadi solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan saat ini, terutama masalah adab dan sikap ta’dhim murid kepada gurunya.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:(1)Untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo.(2)Untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim terhadap sikap murid dan guru di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, serta teknik pengumpulan data dalam penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain adalah Pengasuh Pondok, Guru pengajar, dan Murid Pondok. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu kondensi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan dan Triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo berupa: (a)Merumuskan tujuan pembelajaran yang meliputi mengkaji kitab Ta’lim Muta’alim, Tujuan Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim, dan alasan kitab Ta’lim Muta’alim masuk dalam mata pelajaran di Pondok, (b)Mengidentifikasi Sumber Daya yang meliputi Kriteria Guru Pengajar kitab Ta’lim Muta’alim, Fasilitas/alat belajar yang mendukung, dan lingkungan yang mendukung, (c)Praktek Pembelajaran meliputi memilih guru pengajar kitab Ta’lim Muta’alim, mengatur kelas, dan menentukan waktu pembelajaran.(2)Pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim terhadap sikap murid dan guru di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo berupa: (a)Peran Guru, bahwa pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim yang dilakukan oleh Guru pengajar kitab Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan menerapkan teori behavioristik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya aspek yang digunakan dalam mengajar yakni dengan rangsangan, motivasi, penguatan, pembiasaan, dan latihan-latihan. (b)Pengaruh terhadap Murid, Berdasarkan hasil temuan, penulis menemukan perubahan yang terjadi setelah adanya pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an. Yakni banyaknya perubahan yang positif yang terjadi pada murid yang terlihat. Terutama adab dan sikap ta’dhimnya yang baik kepada gurunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:53
Last Modified: 20 Jun 2022 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19203

Actions (login required)

View Item View Item