Melatih Ketrampilan Berfikir Kritis Siswa Melalui Strategi Active Learning Pada Mata Pelajaran PPKn di MI Darul 'Ulum Kendal Ngawi

Alimah, Nur (2022) Melatih Ketrampilan Berfikir Kritis Siswa Melalui Strategi Active Learning Pada Mata Pelajaran PPKn di MI Darul 'Ulum Kendal Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSInya BESTIEH (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu tantangan dunia pendidikan adalah menanamkan ketrampilan berfikir kritis pada peserta didik. Hal tersebut menuntut peran penting guru untuk lebih terampil dalam menyampaikan pembelajaran, baik secara strategi maupun metode pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaraan banyak sekali strategi pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk menunjang pembelajaran. Salah satunya yaitu strategi active learning. Active learning yaitu cara belajar aktif untuk mengoptimalkan keaktifan peserta didik. Begitu juga yang diterapkan oleh guru di MI Darul ‘Ulum Kendal Ngawi. Pada pelajaran PPKn guru mengunakan strategi active learning dengan mengunakan learning with quiz team dan resitasi, Learning with quiz team yaitu tipe pembelajaran active learning yang mengunakan cara belajar secara berkelompok, sedangkan resitasi adalah metode pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi active learning melalui learning with quiz team dan resitasi dalam melatih ketrampilan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn di MI Darul ‘Ulum Kendal Ngawi, serta untuk mengetahui hasil dari strategi active learning melalui learning with quiz team dan resitasi dalam melatih ketrampilan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn di MI Darul ‘Ulum Kendal Ngawi.
Pada penelitian ini peneliti mengunakan penelitian kualitatif jenis studi kasus, dimana peneliti menyelidiki suatu program, peristiwa, aktifitas suatu kelompok. Dalam pengumpulan data peneliti melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti di kelas IV MI Darul ‘Ulum Kendal Ngawi pada mata pelajaran PPKn diperoleh hasil bahwa pada anak usia 11-15 tahun anak sudah memiliki karakteristik pemikiran yang rasional dan pola pikir yang deduktif dan futuristik. Selain itu, anak juga sudah dapat mengunakan pemikiran rasionalnya dalam setiap tindakan, serta dapat mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan dan pemahaman yang diperoleh. Sehingga dalam pengunaan strategi active learning melalui learning with quiz team ini siswa mampu mengembangkan ketrampilan berfikir kritis melalui ketrampilan bertanya dan menjawab pertanyaan. Sedangkan melalui resitasi siswa juga mampu mengaktualkan materi yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengukur ketrampilan berfikir kritis siswa pendidik dapat melalui mengukurnya melalui indikator, aspek, karakeristik serta tahapan-tahapan yang dicapai oleh peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:31
Last Modified: 20 Jun 2022 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19202

Actions (login required)

View Item View Item