Komparasi Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Peserta Didik Kelas 6 SDN 1 Baosan Kidul

Azizah, Siti Rofiatul (2022) Komparasi Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Peserta Didik Kelas 6 SDN 1 Baosan Kidul. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180231_Siti Rofiatul Azizah_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rofiatul Azizah, Siti. 2022. Komparasi Hasil Belajar Pada Pembelajarann Tematik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Peserta Didik Kelas 6 SDN 1 Baosan Kidul. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.
Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe TGT.
Model pembelajaran kooperatif tipe TGT merupakan suatu model pembelajaran dengan cara melakukan pertandingan permainan antar tim atau antar anggota kelompok. Hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur pencapaian tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil prasurvey di SDN 1 Baosan Kidul, diketahui hasil belajar pada mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, dan IPA masih ada beberapa siswa dengan nilai dibawah KKM. Peneliti berasumsi diperlukan motivasi belajar dan model pembelajaran TGT agar siswa termotivasi untuk bersemangat dan tergerak meraih hasil belajar yang maksimal, serta mampu mengkondisikan siswa untuk berpatisipasi aktif baik secara individu maupun kelompok atas dasar kemampuan dan keyakinan sendiri serta dapat mengembangkan kreativitas peserta didik dalam menyelesaikan suatu permasalahan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar pembelajaran tematik pada kelas eksperimen. (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar pembelajaran tematik pada kelas kontrol. (3) Untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada kelas ekperimen dan kelas kontrol.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Analisis data menggunakan Uji T dengan bantuan aplikasi SPSS.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa : (1) Hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas eksperimen tinggi. Hal tersebut diperoleh dari, kategori rendah dengan jumlah 2 siswa, kategori sedang dengan jumlah 3 siswa, dan kategori tinggi dengan jumlah 11 siswa. (2) Hasil belajar pada pembelajaran tematik pada kelas kontrol adalah sedang. Hal tersebut diperoleh dari, kategori rendah memiliki jumlah 2 siswa, kategori sedang memiliki jumlah 8 siswa, dan kategori tinggi memiliki jumlah 6 siswa. (3) Berdasarkan perhitungan menggunakan analisis Independent Sample T Test. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada kelas ekperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:29
Last Modified: 20 Jun 2022 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19200

Actions (login required)

View Item View Item