...(PERBAIKI PAPER SIZE TERLALU KECI, UPLOAD ULANG)...Korelasi Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Public Speaking pada Siswa Kelas 6 SDN 1 Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo

Wulandari, Seri (2022) ...(PERBAIKI PAPER SIZE TERLALU KECI, UPLOAD ULANG)...Korelasi Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Public Speaking pada Siswa Kelas 6 SDN 1 Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180230_Seri Wulandari_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wulandari, Seri. 2022. Korelasi Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Public Speaking pada Siswa Kelas 6 SDN 1 Baosan Kidul Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam negeri Ponorogo. Pembimbing Lukman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci: kebiasaan membaca, kemampuan public speaking.
Public speaking adalah sebuah proses, sebuah tindakan dan seni dalam membentuk pidato (speech) di hadapan audiens. public speaking atau berbicara di depan umum biasanya dilakukan oleh orang-orang yang dibutuhkan untuk memberi motivasi atau memberi sambutan pada khalayak ramai.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi ada tidaknya, (1) kebiasaan membaca siswa kelas 6 di SDN 1 Baosan Kidul; (2) kemampuan public speaking siswa kelas 6 SDN 1 Baosan Kidul; dan (3) korelasi kebiasaan membaca dengan kemampuan public speaking siswa kelas 6 SDN 1 Baosan Kidul. Sampel pada penelitian mengambil keseluruhan dari populasi, karena populasinya tidak mencapai 100. sampel ini berjumlah 32 siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif studi korelasional dengan jenis peelitian ini adalah ex post facto. Teknik pengumpulan data melalui angket dan tes. Sedangkan untuk analisis data menggunakan rumus statistik Korelasi Product Moment dengan bantuan aplikasi SPSS.
Analisis data penelitian dapat disimpulkan (1) Mayoritas kebiasaan membaca pada siswa kelas 6 SDN 1 Baosan Kidul, dapat dikatakan kurang baik. Hal ini dapat diketahui dari kalkulasi frekuensi pendapatan jumlah nilai dari kebiasaan membaca siswa kelas 6 SDN 1 Baosan Kidul bahwa nilai frekuensi terbanyak ada pada nilai 39-43 dimana keterangan dari kriteria dengan angka tersebut adalah kurang baik. (2)Mayoritas kemampuan public speaking pada siswa kelas 6 SDN 1 Baosan Kidul, dapat dikatakan cukup. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan frekuensi pendapatan jumlah nilai dari kemampuan public speaking siswa kelas 6 SDN 1 Baosan Kidul bahwa nilai frekuensi terbanyak ada pada nilai 56-75 dimana keterangan dari kriteria dengan angka tersebut adalah cukup. (3)Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan public speaking pada siswa kelas 6 SDN 1 Baosan Kidul. Hal ini terlihat pada nilai akhir yang didapat pada kalkulasi korelasi dalam tabel korelasi menunjukkan signifikasi skor yang lebih dari 0,05 dimana nilai yang lebih dari 0,05 itu dinyatakan tidak memiliki korelasi antara variabel X pada variabel Y.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:23
Last Modified: 20 Jun 2022 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19196

Actions (login required)

View Item View Item