NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KREATIF DAN KERJA KERAS DALAM FILM THE BOY WHO HARNESSED THE WIND DAN RELEVANSINYA BAGI SISWA SD/MI

Rahmawati, Aulia Septiana (2022) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KREATIF DAN KERJA KERAS DALAM FILM THE BOY WHO HARNESSED THE WIND DAN RELEVANSINYA BAGI SISWA SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180019_Aulia Septiana Rahmawati_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rahmawati, Aulia Septiana. 2022. Nilai Pendidikan Karakter Kreatif dan Kerja Keras dalam Film
The Boy Who Harnessed The Wind dan Relevansinya bagi bagi Siswa SD/MI.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Yuentie Sova
Puspidalia, M.Pd.
Kata Kunci : Nilai Pendidikan Krakter, Film The Boy Who Harnessed The Wind, Karakter Kreatif,
Karakter Kerja keras.
Pendidikan karakter merupakan sebuah landasan setiap manusia untuk selalu berbuat
kebaikan di dalam setiap kehidupan. Pendidikan karakter bisa diperoleh pada saat anak belajar
melalui sekolah, di lingkungan sekitar, buku-buku, artikel, karya sastra dan masih banyak lagi.
Salah satu karya sastra yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter, yaitu film. Film
merupakan media yang sangat digemari oleh anak karena sajiannya yang begitu menarik. Salah
satu film yang bisa dijadikan sarana pembelajaran bagi anak yaitu film The Boy Who Harnessed
The Wind.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter kreatif dan nilai
pendidikan karakter kerja keras yang ada dalam Who Harnessed The Wind, serta menjelaskan
relevansi nilai pendidikan karakter kreatif dan kerja keras pada film The Boy Who Harnessed The
Wind bagi siswa SD/MI.
Data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, studi pustaka dan studi dokumenter. Sumber
data utama yang digunakan pada penelitian ini adalah film The Boy Who Harnessed The Wind.
Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Hasil analisis data yang
diperoleh antara lain, (1) sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah-masalah, (2) sikap kerja
keras dalam menghadapi masalah, (3) relevansinya nilai pendidikan karakter kreatif dan kerja
keras bagi siswa SD/MI. Perkembangan anak usia SD/MI sangat berkaitan erat dengan nilai
karaker kreatif dan kerja keras.
Perkembangan anak usia SD/MI sangat berkaitan erat dengan nilai karaker kreatif dan kerja
keras. Sebagaimana anak usia SD/MI, mereka suka untuk melakukan dorongan berprestasi dan
suka melakukan hal-hal kreatif. Mereka suka untuk melakukan dorongan berprestasi misalnya
yaitu kreatif memanfaatkan perpustkaan untuk sarana belajar di sekolahan. Mereka suka
melakukan hal-hal kreatif misalnya seperti membuat kincir angin dari limbah sampah dan
memperbaiki radio dengan limbah baterai.
Karakteristik anak SD/MI, yaitu mereka suka berkelompok dan bermain dengan terus
berjuang tanpa mengenal lelah. Pada film The Boy Who Harnessed The Wind, William
menggambarkan bahwa dia suka berkelompok dan suka bermaian untuk hal-hal yang bermafaat.
Misalnya, belajar dengan kondisi ruangan yang sedikit gelap dan berusaha bekerja keras untuk
membantu teman dalam memperbaiki radio rusak. Anak yang memiliki karakter kerja keras akan
cenderung bisa mengatur waktu dan dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Hal ini
terbukti dari sikap kerja keras William. Misalnya, dia begitu tekun dan bekerja keras untuk
mempelajari buku tentang pemanfaatan listrik dan dia selalu belajar setiap hari dengan kondisi
terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:21
Last Modified: 20 Jun 2022 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19190

Actions (login required)

View Item View Item