Manajemen Pengembangan Karir Siswa Melalui Program Bursa Kerja Khusus (Studi Kasus di SMK PGRI 2 Ponorogo)

Eryantika, Eliza Purba (2022) Manajemen Pengembangan Karir Siswa Melalui Program Bursa Kerja Khusus (Studi Kasus di SMK PGRI 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180087 ELIZA PURBA ERYANTIKA MAJANEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Eryantika, Eliza Purba. Manajemen Pengembangan Karir Siswa melalui Program Bursa Kerja Khusus (Studi Kasus di SMK PGRI 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Karir, Pengembangan Karir, Program Bursa Kerja Khusus.

Menghadapi tuntutan adanya tenaga kerja yang terlatih dan siap kerja (ready for use) adalah tantangan yang berat bagi pendidikan di Indonesia. Diperlukan sekolah kejuruan yang dapat dijadikan contoh agar sistem pendidikan yang telah dibangun saat ini bisa maksimal memainkan perannya dalam menciptakan lulusan sekolah yang mempunyai kematangan karir. SMK PGRI 2 Ponorogo memiliki unit kerja khusus yang menaungi tentang pengembangan karir siswa. Unit kerja tersebut yaitu Bursa Kerja Khusus (BKK) sebagai lembaga yang ditugaskan mampu menyalurkan tenaga kerja dan juga memotivasi lulusan sehingga mereka yakin dengan kemampuannya dan siap berkarier di dunia kerja dengan bekal keterampilan yang mereka peroleh selama menempuh pendidikan di pendidikan kejuruan. Dengan berbagai program yang diberikan oleh BKK diharapkan siswa tidak lagi kesulitan pada proses pengambilan keputusan yang terbaik tentang rencana karir yang akan ditempuhnya kelak.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis proses eksplorasi karir siswa melalui program Bursa Kerja Khusus, (2) Menganalisis strategi pengembangan karir siswa melalui program Bursa Kerja Khusus, (3) Menganalisis evaluasi pengembangan karir siswa melalui program Bursa Kerja Khusus.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data dari Koordinator BKK, Sekretaris BKK, Waka Kurikulum, dan Siswa. teknik pengambilan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan pendekatan triangulasi yang terdiri dari triangulasi metode dan triangulasi sumber, dan juga pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian agar datanya lebih komprehensif.
Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa (1) BKK SMK PGRI 2 Ponorogo memiliki tiga program kegiatan dalam eksporasi karir sebagai penunjang pengembangan karir yaitu layanan orientasi peserta didik baru, layanan informasi peserta didik, dan pembekalan atau persiapan memasuki DU/DI. (2) BKK SMK PGRI 2 Ponorogo memiliki dua strategi dalam program pengembangan karir siswa, yaitu strategi menyeluruh yang ditujukan untuk semua orang yang terlibat dalam proses pengembangan karir siswa dan juga strategi pendekatan kepada siswa yang didifokuskan hanya kepada siswa. (3) Dalam evaluasi program pengembangan karir siswa BKK SMK PGRI 2 Ponorogo melalui empat tahap, pertama yaitu merumuskan nama program yang akan di evaluasi, kedua mencatat kendala yang dialami saat program berjalan, ketiga menentukan rencana tindak lanjut, dan keempat melaksanakan kegiatan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 05:15
Last Modified: 20 Jun 2022 05:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19182

Actions (login required)

View Item View Item