ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DITINJAU DARI INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SDN GROBOGAN 02

Rahmaningtyas, Ika Rizky (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DITINJAU DARI INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SDN GROBOGAN 02. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180054_Ika Rizky Rahmaningtyas_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rahmaningtyas, Ika Rizky. 2022. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Ditinjau dari Interaksi Sosial pada Siswa Kelas IV SDN Grobogan 02. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Ulum Fatmahanik, M.Pd.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Operasi Hitung Pecahan, Interaksi Sosial
Kesulitan belajar adalah suatu wujud ketidak mampuan atau kurang berhasilnya siswa dalam menguasai konsep, prinsip atau masalah-masalah verbal walaupun telah berusaha mempelajarinya. Pada dasarnya yang mempunyai kesulitan belajar bukan hanya di alami oleh siswa yang mempunyai prestasi rendah, tetapi setiap siswa mempunyai prestasi tinggi juga mempunyai kesulitan dalam belajar. Pada kenyataannya masih terdapat kesulitan siswa dalam materi operasi hitung pecahan, seperti yang terjadi pada siswa kelas IV di SDN Grobogan 02. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara satu orang atau lebih. Dalam kehidupan, interaksi sosial sangat diperlukan karena berkaitan dengan kemampuan berkomunikasi dan memahami informasi. Kemampuan dalam berinteraksi sosial berkaitan dengan masalah kesulitan belajar. Oleh karena itu, diperlukan kajian yang lebih mendalam terkait topik permasalahan ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kesulitan belajar siswa pada pembelajaran matematika dalam materi operasi hitung pecahan yang ditinjau dari kategori interaksi sosial tinggi, sedang, dan rendah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket, dan tes. Sampel di ambil 3 siswa yang memenuhi kategori yang telah ditentukan, yaitu kategori siswa yang interaksi sosial tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data melalui teknik triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa dengan interaksi sosial tinggi mampu menggunakan konsep matematika, prinsip dan soal cerita dengan baik dan menggunakan tahapan-tahapan yang tepat. Namun siswa kategori tinggi mengalami kesulitan dalam proses aplikasi rumus. 2) Siswa dengan interaksi sosial sedang dapat menggunakan konsep matematika dan prinsip, walaupun belum maksimal, siswa kesulitan dalam proses pengaplikasian rumus dalam soal. 3) Siswa dengan kategori interaksi sosial rendah dapat menggunakan konsep matematika dalam menentukan nilai pecahan dari suatu gambar. Namun siswa belum dapat menggunakan konsep, prinsip dan permasalahan verbal dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 05:10
Last Modified: 20 Jun 2022 05:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19181

Actions (login required)

View Item View Item