Nilai-Nilai Pendidikan Karakter untuk AnakSD/MI dalam Film Raya and The Last Dragon

Isabillah, Luka (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter untuk AnakSD/MI dalam Film Raya and The Last Dragon. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180068_Luka Isabillah_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Isabillah, Luka. 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter untuk Anak SD/MI dalam Film Raya and The Last Dragon. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd..

Kata Kunci: Film Raya and The Last Dragon, Karakteristik Anak SD/MI, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter.

Saat ini banyak peristiwa yang menunjukkan bahwa perkembangan teknologi yang pesat dapat membawa pengaruh negatif jika tidak diiringi dengan pemanfaatan perkembangan teknologi dan informasi yang seimbang. Salah satu dampak negatif tersebut dapat terjadi, baik pada anak usia sekolah dasar maupun orang dewasa. Dampak negatif tersebut berupa rendahnya rasa tanggung jawab, disiplin, saling tolong-menolong serta menghargai satu sama lain. Adapun salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pemanfaatan teknologi dan informasi yang berkembang dan paling banyak diminati saat ini. Salah satu media perkembangan teknologi dan informasi tersebut adalah film. Terdapat berbagai jenis film seperti film kartun, film dokumenter, film naratif, film animasi dan lain-lain. Adapun jenis film yang paling diminati oleh khalayak khususnya anak SD/MI adalah jenis film animasi. Salah satu film yang relevan dengan masalah tersebut adalah film Raya and The Last Dragon. Film Raya and The Last Dragon merupakan film jenis animasi produksi Walt Disney Animation Studios yang dirilis pada tahun 2021. Film Raya and The Last Dragon tidak hanya dapat dijadikan sebagai bahan hiburan saja tetapi juga sebagai salah satu upaya dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter untuk anak SD/MI.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Raya and The Last Dragon, dan (2) mendeskripsikan representasi nilai-nilai pendidikan karakter untuk anak SD/MI dalam film Raya and The Last Dragon.
Selanjutnya, data penelitian ini diperoleh menggunakan penelitian library research dengan teknik analisis isi. Sumber data primer yang digunakan, yaitu film Raya and The Last Dragon dan sumber data sekunder yang digunakan, yaitu beberapa jurnal, buku dan artikel yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan karakter untuk anak SD/MI. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik dokumenter.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Raya and The Last Dragon yaitu jujur, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, cinta damai, peduli lingkungan dan sosial, dan tanggung jawab; (2) Representasi nilai-nilai pendidikan karakter untuk anak SD/MI dalam film Raya and The Last Dragon, yaitu (a) nilai pendidikan karakter kreatif, yaitu menguasai keterampilan serta beraktivitas fisik dalam melakukan kegiatan permainan, (b) nilai pendidikan karakter peduli lingkungan dan sosial, toleransi dan demokratis, yaitu membina hidup sehat, (c) nilai pendidikan karakter tanggung jawab, yaitu bergaul dan bekerja dalam kelompok, (d) nilai pendidikan karakter menghargai prestasi, yaitu melakukan peran sosial berdasarkan jenis kelaminnya, (e) nilai pendidikan karakter kerja keras dan cinta damai, yaitu mampu berpartisipasi dalam masyarakat, (f) nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu, yaitu mampu berpikir efektif, (g) nilai pendidikan karakter jujur, yaitu mengembangkan nilai-nilai, moral maupun naluri diri sendiri, (h) nilai pendidikan karakter mandiri, yaitu mampu mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:55
Last Modified: 20 Jun 2022 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19177

Actions (login required)

View Item View Item