..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Manajemen Program Pengembangan Potensi Dan Kreativitas Santri Pondok Pesantren (Studi Analisis Kualitatif di PPTQ AL-HASAN Ponorogo)

Romdhoni, Wildan Zaenur (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Manajemen Program Pengembangan Potensi Dan Kreativitas Santri Pondok Pesantren (Studi Analisis Kualitatif di PPTQ AL-HASAN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
E THESIS 206180122 WILDAN ZAENUR R.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Zaenur Romdhoni, Wildan. 2022. Manajemen Program Pengembangan Potensi dan Kreativitas Santri Pondok Pesantren (Studi Analisis Kualitatif di PPTQ Al-Hasan Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. H. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen Program Pengembangan, Potensi dan Kreativitas

Dalam usaha mengembangkan para santri tentunya sebuah lembaga pendidikan pondok pesantren perlu adanya pengelolaan program yang bagus. Program yang akan dilaksanakan tentunya harus mengarah kepada prioritas para santrinya sehingga suatu lembaga pondok poesantren dapat berkembang dang maju jika para santrinya memiliki potensi dan kreativitas yang unggul. Program pengembangan potensi dan kreativitas santri pondok pesantren saat ini masih bisa dikatakan kurang baik maka denga adanya itu Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo memiliki cara tersendiri untuk mengembangkan potensi dan kreativitas para santrinya. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya program-program inovasi yang selalu ditawarkan untuk kemaslahatan para santri sehingga dapat memberikan efek positif terhapat tujuan yang ingin di capai oleh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an AL-Hasan Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami : (1) Perencanan program yang dilakukan untuk mengembangkan potensi dan kreativitas para santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo. (2) Penerapan pengembangan potensi dan kreativitas santri yang ada di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo. (3) Evaluasi program pengembangan potensi dan kreativitas santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Ponorogo.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan menggunakan jenis kualitatif deskriptif dengan sumber data dari Ketua Pondok, Ustadz, Pengurus dan Santri. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Perencanaan program pengembangan santri yaitu berupa inovasi perencanan strategi yang digunakan oleh pemimpin Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan beserta bawahannya dalam melihat kondisi santri dan pondok yang sekarang ini. (2) Hasil perencanan yang diterapkan dalam mengatasi problema baru bagi santri dan juga memberikan paradigma baru bagi para santri guna mengembangkan potensi dan kreatifitas para santri yang dapat percaya diri ketika tampil di masyarakat. (3) melihat sejauh mana keberhasilan penerapan inovasi program yang diterapkan dalam mengembangkan potensi dan kreativitas para santri sehingga dapat mengetahui bagaimana penilaian atau evaluasi yang dapat digunakan untuk membentuk strategi baru di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mohammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:53
Last Modified: 20 Jun 2022 01:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19175

Actions (login required)

View Item View Item