UPAYA PEMAHAMAN KITAB ḤĀSHIYAT AL-BĀJŪRĪ MELALUI METODE SYAWIR DI PONDOK PESANTREN MAMBA’UNNUR GADING BULULAWANG MALANG

Ramadhani, Kamilia Layliyah (2022) UPAYA PEMAHAMAN KITAB ḤĀSHIYAT AL-BĀJŪRĪ MELALUI METODE SYAWIR DI PONDOK PESANTREN MAMBA’UNNUR GADING BULULAWANG MALANG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180344_Kamilia Layliyah Ramadhani_PAI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Ramadhani, Kamilia Layliyah. 2022. Upaya Pemahaman Kitab Ḥāshiyat Al-Bājūrī Melalui Metode Syawir di Pondok Pesantren Mamba’unnur Gading Bululawang Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.
Kata Kunci: Metode Syawir, Kitab Ḥāshiyat Al-Bājūrī, Pemahaman
Berkembangnya zaman saat ini berpengaruh terhadap kemajuan sistem pendidikan disuatu lembaga, baik formal maupun nonformal. Penggunaan beragam metode pembelajaran sangat diperlukan untuk menyeimbangkan perkembangan zaman yang ditandai dengan kemunculan
berbagai informasi pengetahuan baru dengan pembelajaran yang dilakukan. Terdapat banyak jenis metode pembelajaran yang dapat digunakan, seperti metode pembelajaran tradisional dan modern. Dimana masing-masing metode ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dalam pendidikan. Salah satu contohnya, yaitu metode syawir yang merupakan jenis metode pembelajaran tradisional yang biasanya digunakan di pondok pesantren untuk mengkaji berbagai kitab kuning santri.
Adanya metode syawir diatur dan dilaksanakan sedemikian rupa, dengan cara santri berinteraksi langsung dengan ustadz serta bertukar pikiran dan pendapat dengan santri lainnya, sehingga menambah dan meningkatkan pemahaman pada setiap individu santri.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan syawir, (2) menganalisis upaya pemahaman kitab Ḥāshiyat Al-Bājūrī melalui metode syawir, (3) menganalisis dampak dari upaya pemahaman kitab Ḥāshiyat Al-Bājūrī melalui metode syawir.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus, serta dilaksanakan di pondok pesantren Mamba’unnur Gading Bululawang Malang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari santri, pengurus pondok, ustadz, dan ustadzah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) metode syawir di pondok pesantren Mamba’unnur Gading Bululawang Malang dilaksanakan setiap hari kecuali Kamis malam dan wajib diikuti oleh semua santri yang masing sekolah diniyah. Waktu pelaksanaannya setelah shalat Isya berjamaah sekitar pukul 20.00 sampai 22.00 WIB. Dimulai dengan melantunkan nadhoman disetiap kelas, membaca dan murāḍi (mengartikan makna Jawa ke dalam bahasa Indonesia) kitab, serta mengulas kembali pembahasan materi pelajaran sebelumnya. (2) Upaya yang dilakukan dalam memahami kitab Ḥāshiyat Al-Bājūrī melalui metode syawir, yaitu dengan memberikan penjelasan oleh ustadz, memberikan materi pelajaran nahwu-shorof, membaca dan murāḍi (mengartikan makna Jawa ke dalam bahasa Indonesia) kitab, membahas ulang materi pelajaran,
menyelenggarakan praktek langsung, memberikan tugas individu, serta menyelenggarakan ujian pondok. (3) Dampak dari upaya pemahaman yang dilakukan, yaitu mampu menambah dan meningkatkan pemahaman santri, melatih keterampilan santri dalam berpendapat dan
menyelesaikan permasalahan, menumbuhkan sikap aktif dan berpikir kritis santri, melatih sikap saling menghargai pendapat orang lain, serta meningkatnya kemampuan keterampilan berbahasa Arab santri. Selain itu, bagi santri (khususnya putra) yang sudah menguasai kitab sepenuhnya akan ditunjuk sebagai perwakilan dari pondok pesantrennya untuk mengikuti kegiatan Bahtsul Masail antar pondok pesantren, provinsi, bahkan tingkat nasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:51
Last Modified: 20 Jun 2022 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19173

Actions (login required)

View Item View Item