Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa di SMK Kimia Fathul Muna Sambit Ponorogo

Khoiroh, Iis Isroul (2022) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa di SMK Kimia Fathul Muna Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180334_Iis Isroul K_Ilmu Keguruan.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Strategi guru menjadi salah satu acuan penting bagi setiap siswa, guru menjadi alat atau metode bagi siswa dalam menyampaikan materi secara langsung ketika pembelajaran di kelas. Peningkatan motivasi menjadi suatu hal terpenting bagi siswa ketika melaksanakan pembelajaran, yang mana guru menjadi sasaran utama dalam terbentuknya semangat motivasi belajar kepada siswanya. Sekolah SMK Kimia Fathul Muna Sambit memiliki ketertarikan tersendiri dalam membentuk strategi belajar yang baik, dengan adanya keterbatasan dalam digital pembelajaran PAI kelas XI, siswa mampu mengejar materi belajar dengan sekolah lainnya. Dengan begitu, pembentukan motivasi semangat belajar dalam membangun karakter masing-masing siswa akan terus tumbuh ketika diterapkan setiap hari kepada siswa pada saat belajar mengajar di kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan motivasi siswa pada pembelajaran PAI, (2) mendeskripsikan strategi guru PAI dalam membangun motivasi intrinsik siswa, dan (3) mendeskripsikan strategi guru PAI dalam membangun motivasi ekstrinsik siswa.
Metodologi untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus, serta dilaksanakan di SMK Kimia Fathul Muna Sambit Ponorogo. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari guru, siswa, pengurus pondok sekaligus sekolah, dan kepala sekolah. Teknik analisis data dilakukan dengan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, redukasi data, penampilan data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) motivasi siswa pada pembelajaran PAI di SMK Kimia Fathul Muna memiliki semangat belajar yang berbeda. Sebagai pendidik dapat melihat dan menilai seberapa jauh antusias atau semangat siswa ketika belajar pada pembelajaran PAI di kelas. Sejauh ini dapat di prediksi bahwa motivasi siswa pada pembelajaran PAI ini memiliki nilai sedikit jauh dari siswa yang tidak memiliki semangat belajar atau dapat dihitung antara semangat belajar sebesar 80% dan kurangnya semangat belajar hanya 20%. (2) strategi guru PAI dalam membangun motivasi intrinsik siswa adalah dengan melakukan cara belajar menggunakan strategi pembelajaran secara tidak langsung (presentasi dan tanya jawab) sedangkan penggunaan strategi pembelajaran eksperimen yaitu dengan cara bermain peran, hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa. (3) strategi guru PAI dalam membangun motivasi ekstrinsik siswa, yaitu dengan cara pemberian nilai tambahan atau reward kepada siswa yang mau aktif ketika kegiatan diskusi dalam hal tanya jawab. Selain pemberian nilai tambahan, guru juga selalu memberikan pujian kepada siswa ketika mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan selalu ingin bertanya. Hal ini menjadikan sebuah dorongan bagi siswa agar selalu mau dan terus aktif dalam kegiatan belajar dikelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:50
Last Modified: 20 Jun 2022 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19171

Actions (login required)

View Item View Item