Penerapan Pembelajaran Berbasis Gender Sosial Inklusi di SD Immersion Ponorogo

Ningsih, Renata Panti (2022) Penerapan Pembelajaran Berbasis Gender Sosial Inklusi di SD Immersion Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180099_Renata Panti Ningsih_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ningsih, Renata Panti. 2022. Penerapan Pembelajaran Berbasis Gender Sosial Inklusi di SD Immersion Ponorogo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Dr. Hj. Evi Muafiah, M. Ag.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Inklusi
Proses pembelajaran membutuhkan seorang guru yang merupakan tenaga profesional dengan mempunyai kompetensi. Seorang guru yang memiliki kemampuan keterampilan mengajar dalam melakukan pengajaran kepada siswanya agar siswa dapat memahami pelajaran yang akan diajarkan. Guru dituntut untuk terampil dalam melakukan proses pembelajaran karena dengan adanya guru yang terampil maka berdampak positif bagi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan model pembelajaran berbasis GSI di SD Immersion Ponorogo (2) mendiskripsikan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis GSI di Immersion Ponorogo
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian study kasus untuk meneliti secara cermat siswa dengan mengumpulkan informasi secara lengkap dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan pembahasan dan temuan penelitian bahwa model pembelajaran guru berbasis GSI di SD Immersion Ponorogo untuk guru kelas dan guru pendamping anak berkebutuhan khusus berbeda. Hal ini juga guru kelas dan guru pendamping dalam menerapkan strategi pembelajaran juga berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:49
Last Modified: 20 Jun 2022 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19168

Actions (login required)

View Item View Item