,,(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Penggunaan Metode Abjad dan Suku Kata dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu MI Selawe Taji, Karas, Magetan

Tatmikowati, Ambar (2022) ,,(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Penggunaan Metode Abjad dan Suku Kata dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Satu MI Selawe Taji, Karas, Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180138_ Ambar Tatmikowati_ PGMI.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Tatmikowati, Ambar. 2022. Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan dengan Metode Abjad dan Suku Kata pada Siswa Kelas Satu MI Selawe Taji, Karas, Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Berlian Pancarrani, M.Pd

Kata Kunci: Upaya guru, Kesulitan Membaca permulaan, Metode Abjad dan Suku Kata

Guru merupakan seseorang yang berperan penting dalam pendidikan dan mengupayakan berbagai cara untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa. Salah satu kesulitan belajar yang dialami siswa yaitu kesulitan dalam membaca permulaan. Jika kesulitan membaca permulaan dapat teratasi dengan baik, maka siswa akan mudah dalam menempuh tahap membaca selanjutnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas satu di MI Selawe Taji, Karas, Magetan, (2) mendeskripiskan penggunaan metode abjad dan suku kata sebagai upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas satu di MI Selawe Taji, Karas, Magetan.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Teknik analisis data berdasarkan teori Milles dan Huberman dengan urutan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas satu MI Selawe Taji yaitu faktor fisiologis yang mencakup kesehatan mata dan gender. Ada perbedaan anak laki-laki dengan anak perempuan dalam kemampuan membacanya. Selanjutnya faktor intelektual yang mencakup kecerdasan seseorang. Tidak semua siswa mempunyai intelektual yang tinggi untuk bisa membaca dengan baik. Faktor lain adalah lingkungan baik di rumah maupun sekolahnya. Ketika lingkungan mereka misalnya teman-temannya rajin, suka membaca maka akan terpengaruh menjadi rajin membaca. Selain itu ada juga faktor psikologis, (2) upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan yaitu dengan menggunakan metode abjad dan suku kata. Metode abjad digunakan untuk siswa yang belum mengenal abjad. Langkah-langkah pelaksaan dalam pembelajaran adalah mengenalkan huruf abjad, merangkai huruf menjadi suku kata, merangkai suku kata menjadi kata dan merangkai kata menjadi kalimat yang sederhana. Selanjutnya untuk metode suku kata digunakan untuk siswa yang sudah mengenal huruf abjad. Langkah-langkah pelaksanaannya adalah mengenalkan suku kata, merangkai suku kata menjadi kata, merangkai kata menjadi kalimat yang sederhana. Dengan demikian penggunaan metode abjad dan suku kata sangat cocok dan dirasa cukup berhasil dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa sehingga kemampuan mereka meningkat dan bisa membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:44
Last Modified: 20 Jun 2022 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19166

Actions (login required)

View Item View Item