Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas IX MTs Putri Ma’arif Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

Nurfaiza, Hilda Aynaya (2022) Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas IX MTs Putri Ma’arif Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-THESIS HILDA AYNAYA NURFAIZA 201180098.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurfaiza, Hilda Aynaya, 2022, Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar FiqihSiswa Kelas IX Di MTs Putri Ma’arif Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Motivasi, Hasil Belajar
Proses pembelajaran yang baik perlu adanya pendidik yang menerapkan metode belajar sesuai kebutuhan. Jika pendidik menerapkan metode yang menyenangkan dan sesuai dengan bahan ajar yang ingin disampaikan maka proses pembelajaran akan lebih menarik dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam pembelajaran Fiqih bab pemulasaran jenazah diperlukan pemilihan metode yang tepat yaitu metode demonstrasi karena dapat interaksi atau timbal balik antara pendidik dan peserta didik. Maka peserta didik akan tertarik dan timbul motivasi belajar pada diri sehingga peserta didik akan mendapatkan hasil belajar yang diinginkan. Tetapi realita yang ada masih banyak guru yang belum bisa menerapkan metode yang sesuai. Dari hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, terdapat permasalahan yang ditemukan bahwa kurang maksimal penyampaian materi kepada siswa kelas IX MTs Putri Ma’arif Ponorogo pada mata pelajaran Fiqih di karenakan metode yang diterapkan tidak sesuai dan kurangnya motivasi belajar siswi dalam mata pelajaran Fiqih. Hal ini ditandai dengan beberapa bukti sebagai berikut: hasil belajar rata-rata kelas sebesar 67,4 yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dalam penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pemulasaran jenazah mata pelajaran Fiqih kelas IX MTs Putri Ma’arif Ponorogo 2021/2022, (2) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dalam motivasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pemulasaran jenazah mata pelajaran Fiqih kelas IX MTs Putri Ma’arif Ponorogo 2021/2022, (3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dalam penerapan metode demonstrasi dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pemulasaran jenazah mata pelajaran Fiqih kelas IX MTs Putri Ma’arif Ponorogo 2021/2022.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data berupa angka. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Putri Ma’arif Ponorogo 2021/2022. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan seluruh populasi di jadikan sampel yang berjumlah 31 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) penerapan metode demonstrasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa materi pemulasaran jenazah pada mata pelajaran Fiqih kelas IX MTs Putri Ma’arif Ponorogo 2021/2022, dengan prosentase sebesar 51,9%. (2) Motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa materi pemulasaran jenazah pada mata pelajaran Fiqih kelas IX MTs Putri Ma’arif Ponorogo 2021/2022, dengan prosentase sebesar 49,6%. (3) Penerapan metode demonstrasi dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa materi pemulasaran jenazah pada mata pelajaran Fiqihkelas IX MTs Putri Ma’arif Ponorogo 2021/2022, dengan prosentase sebesar 69,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:48
Last Modified: 20 Jun 2022 01:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19151

Actions (login required)

View Item View Item