UPAYA KEGIATAN PRAMUKA DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN PEDULI LINGKUNGAN DI PONDOK PESANTREN AL-HASANAH TUGUREJO SLAHUNG PONOROGO

Nurfauzi, Sigit (2022) UPAYA KEGIATAN PRAMUKA DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN PEDULI LINGKUNGAN DI PONDOK PESANTREN AL-HASANAH TUGUREJO SLAHUNG PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180441_SIGIT NURFAUZI_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peduli merupaka karakter yang harus dimiliki oleh setiap manusia sebagai mahluk sosial. Bagi peserta didik yang memasuki masa remaja nilai peduli sosial maupun peduli lingkungan sangat penting guna menyadari bahwa dirinya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari lingkungan. Kemajuan zaman membawa persoalan sosial semakin kompleks dan rumit, bumi semakin tua dan kebutuhan manusia terhadap alam semakin besar. Maka dari itu,Sekolah merupakan tempat yang strategis dalam menanamkan nilai peduli melalui budaya sekolah atau pembiasaan di ekstrakurikuler seperti kepramukaan sebagai wadah penanaman nilai karakter termasuk nilai peduli sosial dan peduli lingkuan yang termuat dalam dasa dharma dan SKU pramuka penggalang.
Penelitian ini bertujuan (1) Mendiskripsikan pelaksanaan nilai peduli sosial yang di tanamkan melalui kegiatan kepramukaan di Pondok Al-Hasanah Tugurejo, Slahung Ponorogo. (2) Mendiskripsikan pelaksanaan milai peduli lingkungan melalui kepramukaan di Pondok Al-Hasanah Tugurejo Slahung Ponorogo. (3)Menganalisis faktor pendorong dan penghambat penanaman nilai peduli sosial melalui kegiatan kepramukaan di Pondok Al-Hasanah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Lokasi penelitian yang di pilih adalah Pondok Pesantren Al-Hasanah Tugurejo Slahung Ponorogo. Narasumber pada penelitian ini adalah penanggung jawab Ma, Penanggung jawab Pramuka, Pembina pramuka. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilalukan dengan cara triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)peran kegiatan pramuka dalam menanamkan nilai peduli sosial yaitu sebagai pendidikan karakter yang berlandaskan prinsip kepramukaan, metode serta sistem among supaya terbentuk dan tumbuh anggota yang berkarakter, pramuka sebagai langkah melatih untuk taat pada norma sosial, pramuka sebagai bekal keterampilan. (2)peran kegiatan pramuka dalam menanamkan nilai peduli

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:39
Last Modified: 20 Jun 2022 01:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19149

Actions (login required)

View Item View Item