KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PECAHAN PADA SISWA KELAS 3 DI MIN 2 KOTA MADIUN

Geanartaroayna, Lathifa (2022) KOMPARASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PECAHAN PADA SISWA KELAS 3 DI MIN 2 KOTA MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
LATHIFA GEANARTAROAYNA_203180064_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Geanartaroayna, Lathifa. 2022. Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Penerapan Media Pembelajaran Kartu Pecahan Pada Siswa Kelas 3 di Min 2 Kota Madiun . Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Si.
Kata Kunci: Media Kartu Pecahan, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika
Pembelajaran matematika yang masih belum terlaksana secara baik yang dilakukan oleh guru membuat hasil belajar kurang maksimal, sedangkan mata pelajaran matematika itu memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun memiliki peranan yang penting, namun fakta di lapangan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika masih banyak kendala, seperti siswa kurang aktif dalam pelaksanaan pembelajaran serta siswa kurang memperhatikan guru saat menjelaskan tentang materi matematika, kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan membandingkan pecahan dan mengurutkan pecahan karena siswa belum memahami betul permasalahan yang terdapat dalam soal.
Terkait dengan permasalahan diatas maka dibutuhkannya suatu alat pembelajaran atau media pembelajaran yang konkret serta yang membuat siswa fokus dalam pembelajaran serta dapat memecahkan masalah yang dihadapi. Media yang digunakan pada penelitian ini yaitu media pembelajaran kartu pecahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan media pembelajaran kartu pecahan dan kemampuan pemecahan siswa tanpa menggunakan media kartu pecahan serta adakah perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan antara kelas yang menggunakan media kartu pecahan dan yang tidak menggunakan kartu pecahan.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen. Teknik yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent sample T-Test. Penelitian ini dilakukan di MIN 2 Kota Madiun dengan penelitian sampel sebanyak 75 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan media pembelajaran kartu pecahan lebih meningkat dibandingkan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran kartu pecahan, karena di kelas yang menggunakan media pembelajaran kartu pecahan cenderung lebih fokus saat pelajaran sehingga saat diberikan soal oleh peneliti mereka memahami permasalahan yang terdapat dalam soal, sedangkan yang tidak menggunakan media kartu pecahan kurang fokus saat pelajaran sehingga saat diberikan soal oleh peneliti siswa kurang memahami permasalahan yang terdapat pada soal. Terdapat juga perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu dengan hasil uji pada tabel independent sample T-Test diketahui nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok yang mendapat perlakuan berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:37
Last Modified: 20 Jun 2022 01:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19148

Actions (login required)

View Item View Item