Konsep Dasar Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun Dan Ki Hajar Dewantara Serta Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer Di Indonesia

Novita, Risma Sefty Aynun (2022) Konsep Dasar Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun Dan Ki Hajar Dewantara Serta Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer Di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180193_RISMA SEFTY AYNUN NOVITA_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aynun Novita, Risma Sefty. 2022. Konsep Dasar Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun dan Ki Hajar Dewantara serta Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer di Indonesia. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Nur Kolis, S.Ag., M.Ag., Ph.D.

Kata Kunci: Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun, Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara, dan Konsep Dasar Pendidikan Islam Kontemporer

Perubahan dan tantangan pendidikan yang terjadi memunculkan berbagai gagasan-gagasan mengenai pembaharuan dalam pendidikan Islam, yang mana harus difasilitasi agar pendidikan Islam menjadi semakin relevan dengan perkembangan zaman. Kemajuan dan perkembangan pendidikan Islam tersebut tidak dapat dilakukan hanya dengan melakukan uji coba secara mandiri, namun membutuhkan pemikiran dan gagasan dari seorang tokoh pendidikan. Salah satu cara mengetahui pemikiran dan gagasan dari para tokoh pendidikan adalah dengan melakukan pengamatan dan pengkajian pada pemikiran-pemikiran tokoh pendidikan nasional dan tokoh pendidikan Islam. Salah satu tokoh di Indonesia dan tokoh dari Islam yang memiliki pengaruh terhadap pendidikan adalah Ki Hajar Dewantara dan Ibnu Khaldun.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui Konsep Dasar Pendidikan menurut Ibnu Khaldun, (2) untuk mengetahui Konsep Dasar Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara dan (3) Untuk mengetahui relevansi antara Konsep Dasar Pendidikan menurut Ibnu Khaldun dan Ki Hajar Dewantara dengan Pendidikan Islam Kontemporer di Indonesia.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji data-data yang berhubungan dengan pembahasan masalah dalam penelitian ini, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content analysis.

Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa (1) Konsep dasar pendidikan menurut perspektif Ibnu Khaldun memiliki keterkaitan dengan konsep dasar Pendidikan Islam Kontemporer. Kedua konsep pendidikan tersebut memiliki kesamaan pada setiap komponen pengertian, tujuan, kurikulum, metode, pendidik dan peserta didik. (2) Konsep dasar pendidikan menurut perspektif Ki Hajar Dewantara memiliki keterkaitan dengan konsep dasar Pendidikan Islam Kontemporer. Kedua konsep pendidikan tersebut memiliki kesamaan pada aspek pengertian, tujuan, kurikulum, metode, pendidik dan peserta didik. (3) Konsep dasar pendidikan menurut perspektif Ibnu Khaldun dan Ki Hajar Dewantara memiliki keterkaitan dengan konsep dasar Pendidikan Islam Kontemporer. Ketiga konsep pendidikan ini memiliki relevansi pada aspek komponen-komponen pendidikannya. Adapun perbedaan yang ada pada cara pandang Ibnu Khaldun dan Ki Hajar Dewantara dengan Konsep Pendidikan Islam Kontemporer terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2022 09:05
Last Modified: 20 Jun 2022 07:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19146

Actions (login required)

View Item View Item