..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Kreativitas Guru dalam Menggubah Lagu untuk Meningkatkan Daya Ingat dalam Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII di MTs Terpadu Roudlotul Qur'an

Maftuhah, maftuhah (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Kreativitas Guru dalam Menggubah Lagu untuk Meningkatkan Daya Ingat dalam Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII di MTs Terpadu Roudlotul Qur'an. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180025_MAFTUHAH_TADRIS IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Maftuhah. 2022. Kreativitas Guru dalam Menggubah Lagu untuk Meningkatkan Daya Ingat Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII di MTs Terpadu Roudlotul Qur’an Lamongan. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag.
Kata Kunci : Kreativitas gubahan lagu, Daya ingat, IPS
Berbagai upaya telah dilakukan oleh seorang guru dalam mengatasi proses pembelajaran yang dilakukan, dimulai dari kreativitas yang telah dibuat guna menunjang kelancaran dalam pembelajaran. Sehingga peserta didik dapat menerima materi yang telah disampakain, daya ingat peserta didik dalam pembelajaran sangat dibutuhkan, sehingga sebagai pendidik harus bisa membuat kreativitas dalam membuat media pembelajaran. Kreativitas guru dalam menggubah lagu dapat meningkatkan daya ingat, dikarenakan dengan hasil kreativitas menggubah lagu akan mengubah suasana dalam pembelajaran yang dilaksanakan. Media gubahan lagu ialah salah satu media yang bisa dimanfaatkan oleh seorang pendidik dalam proses belajar mengajar, dikarenakan dengan media lagu dapat meningkatkan daya ingat serta menimbulkan hal-hal yang tersembunyi yang disimpan dalam diri seseorang sehingga membuat dirinya mengingat kembali terhadap suatu hal. Pada hakikatnya semua orang suka bernyanyi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan langkah-langkah kreativitas guru dalam menggubah lagu untuk meningkatkan daya ingat mata pelajaran IPS siswa kelas VII di MTs Terpadu Roudlotul Qur’an Lamongan (2) menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat kreativitas guru dalam menggubah lagu untuk meningkatkan daya ingat mata pelajaran IPS siswa kelas VII di MTs Terpadu Roudlotul Qur’an Lamongan (3) menjelaskan hasil kreativitas guru dalam menggubah lagu untuk meningkatkan daya ingat mata pelajaran IPS siswa kelas VII di MTs Terpadu Roudlotul Qur’an Lamongan. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman yang menggunakan tiga tahapan analisis yang meliputi reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan, yang digunakan untuk mendapatkan data yang valid dan reliabel.
Berdasarkan hasil analisis data peneliti menemukan (1) langkah-langkah kreativitas guru dalam menggubah lagu untuk meningkatkan daya ingat mata pelajaran IPS siswa kelas VII di MTs Terpadu Roudlotul Qur’an Lamongan mengacu pada langkah-langkah umumnya, yang meliputi langkah pertama (a) pemilihan lagu, dalam pemilihan lagu harus memilih lagu yang dapat membangkitkan perasaan gembira dan bersemangat, (b) pencarian poin penting dalam materi pada Bab Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara dan Hindu Budha, (c) pembuatan lagu dengan mengganti lirik lagu asli dengan materi. Langkah kedua (a) pembukaan : apersepsi (b) inti : bernyanyi bersama (c) penutup : mengulangi lagu. Langkah ketiga yaitu evaluasi : pemberian soal dalam bentuk kuis dan ujian kertas. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat kreativitas guru dalam menggubah lagu untuk meningkatkan daya ingat mata pelajaran IPS siswa kelas VII di MTs Terpadu Roudlotul Qur’an Lamongan yaitu dalam faktor pendukung dapat meningkatkan motivasi peserta didik, menghafal tanpa sadar, rasa nyaman yang dirasakan peserta didik, peserta didik menyukai lagu, lagunya bersemangat, mudah mengingat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu peserta didik yang tidak menyukai lagu merasa bosan, kurang hafal lirik lagu, lupa nada lagu, dan bukan lagu populer saat ini. (3) Adapun hasil kreativitas guru dalam menggubah lagu untuk meningkatkan daya ingat mata pelajaran IPS siswa kelas VII di MTs Terpadu Roudlotul Qur’an Lamongan yaitu daya ingat siswa meningkat dilihat dari penilaian saat guru mengadakan kuis, dan nilai dalam mata pelajaran IPS mengalami peningkatan, tidak hanya itu dengan adanya penerapan media lagu dapat merubah suasana hati siswa, sehingga mereka bersemangat saat belajar dan mudah mengingat materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2022 09:03
Last Modified: 17 Jun 2022 09:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19144

Actions (login required)

View Item View Item