Pengaruh Pengelolaan Kelas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Bakti Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022

Noviyanti, Ety (2022) Pengaruh Pengelolaan Kelas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Bakti Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 2011800074 ETY NOVIYANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Noviyanti, Ety, 2022. Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Drs. H. Kasnun, M.A.
Kata kunci : Pengelolaan Kelas,Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Dalam proses pendidikan terdapat hubungan antara pendidik dan peserta didik. Hubungan timbal balik antara pendidik dan peserta didik sebagai prasyarat keberhasilan pendidikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Keberhasilan pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar yang peserta didik peroleh. Hasil belajar merupakan tolak ukur yang digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam suatu pendidikan. Dari proses belajar-mengajar diharapkan peserta didik mendapatkan hasil belajar yang baik sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Namun sayangnya di SMA Bakti Ponorogo, khususnya pada kelas X hasil belajar PAI masih rendah. hal ini ditunjukkan oleh hasil observasi yang dilakukan. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah Faktor internal yaitu faktor yang berasal dalam diri peserta didik yang terdiri dari kondisi fisiologis dan kondisi psikologis yaitu kecerdasan, bakat, minat, motivasi dan kemampuan kognitif. Faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari lingkungan peserta didik diantaranya faktor lingkungan dan faktor instrumen yaitu kurikulum, program, sarana dan prasarana, guru dan tenaga pengajar.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap hasil belajar mata Pelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo 2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara motivasi terhadap hasil belajar mata Pelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara pengelolaan kelas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata Pelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus statistika yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu sejumlah 51 sampel. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Pengelolaan kelas berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 yaitu sebesar 0,122 atau 12,2%. 2) Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 yaitu sebesar 0,079 atau 7,9%. 3) Pengelolaan kelas dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 yaitu sebesar 0,140 atau 14%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kasnun
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:20
Last Modified: 17 Jun 2022 07:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19142

Actions (login required)

View Item View Item