..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Penerapan Pembelajaran Berbasis Gender Sosial Inklusi di SD Immersion Ponorogo

Ningsih, Renata Panti (2022) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Penerapan Pembelajaran Berbasis Gender Sosial Inklusi di SD Immersion Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180099_Renata Panti Ningsih_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ningsih, Renata Panti. 2022. Penerapan Pembelajaran Berbasis Gender Sosial Inklusi di SD
Immersion Ponorogo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Dr.
Hj. Evi Muafiah, M. Ag.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Inklusi
Proses pembelajaran membutuhkan seorang guru yang merupakan tenaga profesional
dengan mempunyai kompetensi. Seorang guru yangmemiliki kemampuan keterampilan mengajar
dalam melakukan pengajaran kepada siswanya agar siswa dapat memahami pelajaran yang akan
diajarkan. Guru dituntut untuk terampil dalam melakukan proses pembelajaran karena dengan
adanya guru yang terampil maka berdampak positif bagi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan model pembelajaran berbasis GSI di
SD Immersion Ponorogo (2) mendiskripsikan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran
berbasis GSI di Immersion Ponorogo
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pada
penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian study kasus untuk meneliti secara cermat
siswa dengan mengumpulkan informasi secara lengkap dengan menggunakan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis
data yang digunakan adalah teknis analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan pembahasan dan temuan penelitian bahwa model pembelajaran guru
berbasis GSI di SD Immersion Ponorogo untuk guru kelas dan guru pendamping anak
berkebutuhan khusus berbeda. Hal ini juga guru kelas dan guru pendamping dalam menerapkan
strategi pembelajaran juga berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2022 06:47
Last Modified: 17 Jun 2022 06:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19135

Actions (login required)

View Item View Item