Komparasi Motivasi Belajar IPA Ditinjau Dari Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Peserta Didik Kelas V Di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

Lestari, Monica Yeni (2022) Komparasi Motivasi Belajar IPA Ditinjau Dari Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Peserta Didik Kelas V Di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180077_MONICA YENI LESTARI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Lestari, Monica Yeni. 2022. Komparasi Motivasi Belajar IPA Ditinjau Dari Penggunaan Aplikasi Quizizz pada Peserta Didik Kelas V di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Retno Widyaningrum, M. Pd.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Aplikasi Quizizz, IPA

Aplikasi quizizz adalah sebuah media yang digunakan untuk pembelajaran. Pada kenyataannya banyak peserta didik yang merasa bosan, masih banyak yang tidak merespon dalam kegiatan pembelajaran. Banyak peserta didik yang tidak terfokus pada pembelajaran, melakukan aktivtitasnya sendiri seperti melamun, mengobrol, bermain dan sebagainya karena menggunakan media yang kurang menarik yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) motivasi belajar IPA dengan menggunakan media aplikasi quizizz pada peserta didik kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo tahun ajaran 2021/2022. (2) motivasi belajar IPA dengan menggunakan power point pada peserta didik kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo tahun ajaran 2021/2022. (3) perbedaan motivasi belajar IPA yang signifikan antara yang menggunakan media aplikasi quizizz dan media power point.
Pendekatan dalam penelitian ini dengan menggunakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian peserta didik kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo sebanyak 60 peserta didik, yaitu 30 peserta didik kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Analisis data hasil penelitian ini menggunakan uji independent sample t test.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar IPA dengan menggunakan aplikasi quizizz dengan jumlah 30 responden menunjukkan skor yang diperoleh skor terendah 70 dan skor tertinggi 92 dan rata-rata skor adalah 78. Dengan kategori tinggi 7 %, kategori sedang 70 %, dan kategori rendah 23%. Dan motivasi belajar IPA dengan menggunakan power point dengan jumlah 30 responden menunjukkan skor yang diperoleh skor terendah 61 dan skor tertinggi 86 dan rata-rata skor adalah 70. Dengan kategori tinggi 20 %, kategori sedang 67 %, dan kategori rendah 13%. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikan 0.00<0.05 maka H03 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar IPA pada peserta didik kelas V yang menggunakan aplikasi quizizz dan yang mengunakan power point di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2022 06:44
Last Modified: 17 Jun 2022 06:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19130

Actions (login required)

View Item View Item