...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Pecahan di SDN 1 Surodikraman Ponorogo

Qolb, Nur Latifah (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Pecahan di SDN 1 Surodikraman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180089_Nur Latifah Qolb_PGMI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran adalah suatu cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga dapat menciptakan tujuan yang diinginkan. Penerapan metode pembelajaran yang sesuai dan pas juga akan memberikan dampak baik bagi siswa, salah satunya yaitu kemampuan siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru akan baik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat pada saat pembelajaran yang menyebabkan tingkat kemampuan pemahaman matematis siswa rendah. Penerapan metode pembelajaran dapat dijadikan alternatif guru untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keterlaksanaan metode flipped cassroom pada materi bilangan pecahan di SDN 1 Surodikraman Ponorogo. (2) Mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bilangan pecahan di SDN 1 Surodikraman Ponorogo. (3) Mengetahui pengaruh metode pembelajaran flipped classroom terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bilangan pecahan di SDN 1 Surodikraman Ponorogo secara signifikan. Penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif dan dilaksanakan di SDN 1 Surodikraman Ponorogo. Dalam penelitian ini, peneliti melibatkan seluruh kelas V SDN 1 Surodikraman Ponorogo yang berjumlah 27 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Karena jumlah sampel kurang dari 30, maka peneliti menggunakan sampling jenuh dalam penelitian ini. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrument tes berupa pre-test dan post-test. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Metode flipped classroom dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bilangan pecahan. Dibuktikan dengan adanya hasil belajar yang meningkat. (2) Kemampuan pemahaman matematis siswa meningkat setelah menggunakan metode flipped classroom. Dibuktikan dengan nilai siswa yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yaitu sebesar 74% setelah diterapkannya metode flipped classroom. (3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan pecahan di SDN 1 Surodikraman Ponorogo antara sebelum menggunakan metode flipped classroom dan sesudah menggunakan metode flipped classroom dengan nilai rata-rata sebesar 75,89, yang artinya ada pengaruh yang signifikan penggunakan metode flipped classroom terhadap kemampuan matematis siswa pada materi bilangan pecahan di SDN 1 Surodikraman Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:06
Last Modified: 17 Jun 2022 04:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19126

Actions (login required)

View Item View Item