Pengaruh Penggunaan Metode Sorogan dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Ilmu Tajwid Santri TPA Al-Ikhlas Patihan Wetan Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

Ramadhani, Ade Intan Baharrizqi (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Sorogan dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Ilmu Tajwid Santri TPA Al-Ikhlas Patihan Wetan Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180003_ADE INTAN BAHARRIZQI RAMADHANI_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ramadhani, Ade Intan Baharrizqi. 2022. Pengaruh Penggunaan Metode Sorogan dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Ilmu Tajwid Santri TPA Al-Ikhlas Patihan Wetan Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci : Penggunaan Metode Sorogan, Minat Belajar, Penguasaan Ilmu Tajwid.
Penguasaan merupakan proses, cara, perbuatan menguasai atau menguasakan, pemahaman atau kesanggupan untuk menggunakan pengetahuan, kepandaian, dan sebagainya. Penguasaan materi itu tidak hanya mengetahui dan memahami materinya saja tetapi juga mampu mengaplikasikannya. Seperti dalam menguasai ilmu tajwid untuk diaplikasikan dalam membaca Al-Qur’an. Penguasaan ilmu tajwid merupakan ketrampilan atau kemampuan yang dimiliki seseorang dalam memahami dan mengamalkan ilmu tajwid dengan baik dan benar. Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di TPA Al-Ikhlas Patihan Wetan Babadan Ponorogo, pembelajaran ilmu tajwid dilakukan dengan menggunakan metode sorogan, dan diperoleh informasi terdapat 60% santri yang penguasaan ilmu tajwidnya masih rendah dilihat dari bacaan Al-Qur’an santri yang masih belum sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Hal ini bisa disebabkan karena kurang baiknya penggunaan metode sorogan dalam pembelajaran ilmu tajwid dan rendahnya minat belajar santri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) signifikansi pengaruh dari penggunaan metode sorogan terhadap penguasaan ilmu tajwid santri TPA Al- Ikhlas Patihan Wetan Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. (2) signifikansi pengaruh dari minat belajar terhadap penguasaan ilmu tajwid santri TPA Al- Ikhlas Patihan Wetan Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. (3) signifikansi pengaruh dari penggunaan metode sorogan dan minat belajar terhadap penguasaan ilmu tajwid santri TPA Al- Ikhlas Patihan Wetan Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah semua santri TPA Al- Ikhlas Patihan Wetan Babadan Ponorogo, yaitu sejumlah 42 santri. Dalam penelitian ini peneliti memilih teknik sampel jenuh yang mana seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel yakni 42 santri TPA Al- Ikhlas Patihan Wetan Babadan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan data dan data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Versi 18.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) penggunaan metode sorogan berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan ilmu tajwid santri TPA Al-Ikhlas Patihan Wetan Babadan Ponorogo, dengan prosentasi 12.9%. (2) minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan ilmu tajwid santri TPA Al-Ikhlas Patihan Wetan Babadan Ponorogo, dengan prosentase sebesar 35.5%. (3) penggunaan metode sorogan dan minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan ilmu tajwid santri TPA Al-Ikhlas Patihan Wetan Babadan Ponorogo, dengan prosentase sebesar 43.3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:50
Last Modified: 17 Jun 2022 03:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19121

Actions (login required)

View Item View Item