KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS QUALITY: STUDI KASUS DI MIN 4 MADIUN

HUDA, SYAMSUL (2022) KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS QUALITY: STUDI KASUS DI MIN 4 MADIUN. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
502190043_SYAMSUL HUDA_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwasanya ada kepemimimpinan visioner kepala MIN 4 Madiun dalam rangka mengenalkan dan mencitrakan instansinya ke masyarakat umum dengan ciri khas yang ada pada lembaganya berdasarkan visi dan misi sekolah. Dengan kepemimpinan visioner dalam membuat perencanaan yang jelas dan terstruktur serta didukung oleh beberapa aspek sehingga rumusan dan hasil dari visinya akan tergambar dengan jelas dan mudah untuk mewujudkannya. Dengan adanya Permen No 13 Tahun 2007 tentang Standard Kepala Sekolah serta menindaklanjuti SK tersebut, bagaimana proses kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam meningkatkan brand awareness quality di MIN 4 Madiun. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi kepemimpinan visioner kepala madrasah, mendeskripsikan dan menganalisis langkah-langkah kepemimpinan visioner kepala madrasah serta mendeskripsikan dan menganalisis implikasi kepemimpinan visioner kepala madrasah di lingkungan MIN 4 Madiun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian berbasis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis interaktif Milles, Huberman dan Saldana. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) Adapun strategi kepala madrasah MIN 4 Madiun dalam membangun brand awareness lembaganya dengan memberdayakan SDM (Sumber Daya Manusia), membuat progam yang unggul, mengkomunikasikan progam, menguatkan ciri khas madrasah, menjadikan visi dan misi sebagai target pengembangan awareness. Selanjutnya, lembaga MIN 4 Madiun memaksimalkan layanan madrasah. Pelayanan madrasah merupakan sesuatu yang wajib dan harus dilakukan dan salah satu langkah baik dan tepat yang diambil oleh lembaga pendidikan khususnya MIN 4 Madiun. Dengan pelayanan yang baik maka akan membentuk citra madrasah dan dicintai oleh masyarakat sebagai konsumen pendidikan. Sehingga kepala madrasah MIN 4 Madiun mempunyai langkah-langkah yang dilakukan dalam meningkatkan brand awareness lembaganya. (2) dan langkah-langkah yang dilakukan meliputi; pelayanan sekolah yang berstandard baik, membangun komitmen tenaga pendidik, prestasi akademik dan non-akademik, serta memaksimalkan peran manajamen humas. (3) serta implikasi kepemimpinan visioner kepala madrasah MIN 4 Madiun, meliputi; kepercayaan dan persepsi masyarakat menjadi meningkat, minat dan selera masyarakat terhadap lembaga menjadi meningkat, siswa berkarakter akhlaqul karimah, tenaga pendidik dan stakeholder bekerja lebih keras dari biasanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: MUHAMMAD THOYIB
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:51
Last Modified: 17 Jun 2022 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19117

Actions (login required)

View Item View Item