..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Implementasi Metode Edutainment Dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sambit Tahun Pelajaran 2021/2022

Murtiyani, Emmi (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Implementasi Metode Edutainment Dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sambit Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EMMI MURTIYANI 201180072.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Murtiyani, Emmi. 2022. Implementasi Metode Edutainment Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas X Mipa 1 SMA Negeri 1 Sambit Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Drs. H. Kasnun, M.A
Kata Kunci: Metode Edutainment, Minat Belajar, Hasil Belajar, PAI.
Dalam pendidikan, minat belajar menjadi faktor keberhasilan dalam tujuan pembelajaran. Indikator minat belajar yaitu perasaan senang siswa, ketertarikan siswa, perhatian siswa dan keterlibatan siswa. Sedangkan indikator keberhasilan hasil belajar siswa dilihat dari ketercapaian nilai siswa yang mampu memenuhi standar KKM. Namun, realitanya di SMA Negeri 1 Sambit, khususnya kelas X MIPA I masih rendah dalam minat dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan data yang diperoleh ketika observasi, yaitu 1) siswa kurang memiliki ketertarikan terhadap materi yang diajarkan, 2) siswa kurang memperhatikan guru yang sedang mengajar, 3) siswa kurang terlibat interaksi dengan guru dalam pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, sehingga hasil belajar yang didapatkan kurang memuaskan. Maka peneliti menerapkan metode edutainment yang bersifat menyenangkan agar dapat mengalihkan perhatian siswa dari objek lain untuk fokus pada pembelajaran yang berlangsung.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini diantaranya, 1) untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI pokok bahasan perjuangan dakwah Rasulullah Saw di Madinah kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sambit tahun pelajaran 2021/2022 melalui penerapan metode edutainment, 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI pokok bahasan perjuangan dakwah Rasulullah Saw di Madinah kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sambit tahun pelajaran 2021/2022 melalui penerapan metode edutainment. 3) Untuk mengetahui metode edutainment dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Sambit Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan teknik analisis data model interaktif dari Huberman, Miles dan Saldana yang terdiri dari tiga langkah yaitu kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti, yaitu observasi secara terstruktur serta wawancara kepada guru PAI dan siswa mengenai pembelajaran di SMA Negeri 1 Sambit. Peneliti juga melakukan tes untuk mengukur hasil belajar siswa, serta melakukan dokumentasi sebagai alat dalam mengkaji dokumen yang digunakan untuk mendukung data penelitian.
Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Minat belajar, pada siklus I, dari 26 siswa terdapat 7 siswa yang minat belajarnya sangat tinggi dengan persentase 26,7 %. 16 siswa minat tinggi dengan persentase 61,5 % dan 3 siswa minat rendah dengan persentase 11,6 %. Sedangkan pada siklus II, dari 26 siswa, 18 siswa yang minat belajar sangat tinggi dengan persentase 69,2 % dan 8 siswa minat tinggi dengan persentase 30,8 %. 2) Hasil belajar siswa pada siklus I, dari 26 siswa terdapat 18 siswa yang tuntas dengan persentase 69,2 % dan 8 siswa yang belum tuntas dengan persentase 30,8 %. Sedangkan pada siklus II, dari 26 siswa, terdapat 26 siswa yang tuntas dengan persentase 100 % dan tidak ada siswa yang belum tuntas dengan persentase 0 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kasnun
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:44
Last Modified: 17 Jun 2022 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19104

Actions (login required)

View Item View Item