..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..ANALISIS MANAJEMEN RISIKO JUAL BELI PERUMAHAN SYARIAH (Studi Kasus di NSR Land Ponorogo)

Hamdan, Rizki (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..ANALISIS MANAJEMEN RISIKO JUAL BELI PERUMAHAN SYARIAH (Studi Kasus di NSR Land Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
501180006_Hamdan Rizki_Ekonomi Syariah.pdf

Download (992kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kata Kunci : Jual beli, Akad, Manajemen Risiko, Prinsip Ekonomi Syariah, Perumahan Syariah.

Bertambahnya jumlah penduduk yang makin pesat, tuntutan akan tersedianya berbagai fasilitas yang mendukung kehidupan masyarakat juga mengalami peningkatan yang makin pesat pula. Rumah merupakan salah satu fasilitas pokok dari dua hal lainnya yakni sandang dan pangan dan hadirnya perumahan menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan akan fasilitas papan atau rumah tadi. NSR Land sebagai developer perumahan menawarkan perumahan namun dengan model syariah atau bisa disebut perumahan syariah. Perumahan syariah mengusung sistem syariah dalam akad pembiayaannya dan semua tanpa ada keterlibatan bank baik bank syariah atau konvensional. Hal ini menjadi pertanyaan tersendiri tentang bagaimana cara NSR Land memanajemen perumahan syariahnya dengan tetap mempertahankan prinsip-prinsip syariah sedangkan manajemen risiko pada akad dan pembiayaan terbilang minim dilihat dari model perumahan yang mengambil konsep syariah bila dilaksanakan dengan sepenuhnya.
Dalam tesis ini penulis menyajikan pembahasan meliputi: pertama, analisis manajemen risiko terhadap pelaksanaan akad pada jual beli perumahan di NSR Land. Kedua, menganalisis penerapan manajemen risiko pada pelaksanaan jual beli kredit perumahan syariah di NSR Land. Ketiga, menganalisis kepatuhan prinsip-prinsip ekonomi syariah pada penerapan manajemen risiko di NSR Land. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan teknis penggalian data menggunakan wawancara dan observasi. Teknis pengolahan data dengan editing, organizing, dan penemuan hasil serta analisis data diperoleh secara deskriptif untuk kemudian ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen risiko yang dilakukan oleh developer perumahan syariah NSR Land berjalan dengan baik meski terdapat satu hal yang menjadi kekurangan dari manajemen risikonya yakni evaluasi pada setiap pelaksanaan alternatif kebijakan risiko yang harusnya dilakukan untuk mengembangkan sistem manajemen risiko yang lebih baik dengan mengevaluasi kelebihan dan kekurangan setiap alternatif kebijakan risiko untuk faktor risiko yang ada pada perumahan khususnya perumahan syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:41
Last Modified: 17 Jun 2022 01:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19100

Actions (login required)

View Item View Item