Nilai Akhlak dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Materi PAI Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

Sari, Artika Meilani Puspita (2022) Nilai Akhlak dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Materi PAI Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180036_Artika Meilani_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sari, Artika Meilani Puspita. 2022. Nilai Akhlak dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Materi PAI Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I

Kata Kunci: Akhlak, Rembulan Tenggelam di Wajahmu, Materi PAI Kelas VII SMP
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya akhlak peserta didik yang sangat mengkhawatirkan. Seperti menyontek, perilaku kekerasan, seks bebas dan bullying. Berangkat dari fenomena tersebut pendidikan akhlak menjadi suatu keharusan bagi pelajar. Pendidikan akhlak dapat dilaksanakan melalui berbagai aspek pembelajaran, baik dari yang disampaikan seorang pendidik, interaksi dengan lingkungan, dari media seperti mengambil nilai pendidikan yang didapat dari film, novel, kitab dan lain sebagainya. Pada penelitian ini memfokuskan pada penggunaan novel sebagai media pembelajaran dalam konteks pendidikan akhlak. Peneliti memilih novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu sebagai bahan penelitian karena di dalamnya banyak memuat nilai akhlak yang direfleksikan dari dialog dan perilaku para tokoh di dalamnya. Selain itu, nilai akhlak yang terdapat dalam novel memuat nilai-nilai yang diajarkan dalam agama Islam sehingga peneliti mengkaitkannya dengan materi PAI kelas VII SMP yang terdiri dari akhlak jujur, ama>nah, istiqa>mah, ikhlas, sabar dan pemaaf.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan nilai akhlak dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye dan menjelaskan relevansi nilai akhlak dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye dengan materi PAI kelas VII SMP.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan content analysis. Berikut langkah-langkah content analysis, (1) memutuskan tujuan khusus yang ingin dicapai. (2) menjelaskan istilah-istilah penting secara rinci. (3) mengkhususkan unit yang akan dianalisis. (4) mencari data yang relevan. (5) membangun hubungan konseptual untuk menjelaskan bagaimana sebuah data berkaitan dengan tujuan.
Dari penelitian tentang nilai akhlak dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye diperoleh hasil sebagai berikut. Pertama, nilai akhlak dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu meliputi akhlak terpuji (mah}mu>dah) terdiri dari jujur, ama>nah, istiqa>mah, ikhlas, sabar, pemaaf, tolong-menolong dan qana>’ah. Akhlak tercela (maz\mu>mah) terdiri dari mencuri, peminum khamar dan membunuh. Kedua, nilai akhlak yang terkandung dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye relevan dengan materi PAI kelas VII SMP pada pembahasan Bab II tentang hidup tenang dengan kejujuran, ama>nah dan istiqa>mah serta Bab XIII tentang hidup jadi damai dengan ikhlas, sabar dan pemaaf. Hal ini terbukti dari adanya kesesuaian antara deskripsi cerita, dialog antar tokoh, maupun respon para tokoh dalam menyikapi kejadian sebuah cerita dalam novel dengan nilai akhlak jujur, ama>nah, istiqa>mah, ikhlas, sabar dan pemaaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:28
Last Modified: 17 Jun 2022 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19090

Actions (login required)

View Item View Item