IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KLINIS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di MI Al-Falah Ngrayun Ponorogo)

PRATAMA, BEVI WAHYU MICHI (2022) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KLINIS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di MI Al-Falah Ngrayun Ponorogo). Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
TESIS BEVI WAHYU aplot.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Supervisi merupakan salah satu program penting
dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru.
Peningkatan kompetensi pedagogik guru merupakan suatu
keharusan bagi lembaga pendidikan dalam menentukan
keberhasilan proses belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan
menganalisa: 1) pelaksanaan supervisi akademik klinis di MI
Al-Falah Ngrayun Ponorogo, 2) Kemampuan guru PAI
pada pelaksanaan pembelajaran di MI Al-Falah Ngrayun
Ponorogo, dan 3) Upaya-upaya apakah yang dilakukan
dalam meningkatkan kemampuan guru pada pelaksanaan
pembelajaran PAI melalui supervisi klinis di MI Al-Falah
Ngrayun Ponorogo Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan pengecekan keabsahan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)
Pelaksanaan supervisi akademik klinis di MI Al-Falah
Ngrayun meliputi (a) Membimbing guru PAI dalam
menyusun silabus yang berlandaskan standar isi, standar
kompetensi dan kompetensi dasar, (b) Membimbing guru
dalam memilih dan menggunakan strategi/metode
pembelajaran yang dapat mengembangkan prestasi peserta
didik, (c) Membimbing guru dalam melaksanakan proses
pembelajaran, (d) Membimbing guru dalam mengelola,
mengembangkan dan menggunakan media dan fasilitas
pembelajaran dengan inovatif, efektif, dan efisien, dan (e)
Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi
untuk pembelajaran, 2) Kemampuan guru PAI di MI AlFalah Ngrayun meliputi Proses pembelajaran yang terdiri
dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutupan, dengan
disertai pemahaman terhadap karakter peserta didik yang
bertujuan untuk menemukan dan membantu guru dalam
proses pembelajaran yang efektif dan efisien. dan 3) Upaya
kepala sekolah terhadap guru PAI di MI Al-Falah Ngrayun
adalah mendorong menintensifkan keikutsertaan guru pada
MPMP (Musyawarah guru mata pelajaran) yang bertujuan
untuk meningkatkan mutu dan kualitas guru dalam
pembelajaran, selain itu juga mendrorong guru melakukan
tugas yang baik sehingga mampu membawa mereka ke arah
peningkatan kompetensinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Prof. Dr. Hj. S, Maryam Yusuf, M.Ag.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: alwan wibawanto
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:04
Last Modified: 16 Jun 2022 07:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19083

Actions (login required)

View Item View Item