Implementasi Metode Al-Hikmah dan Al-Mau'izah Al-Hasanah Dalam Membentuk Kepribadian Islami Siswa Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MA Ma'arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo

Rohmawati, ninik dwi (2022) Implementasi Metode Al-Hikmah dan Al-Mau'izah Al-Hasanah Dalam Membentuk Kepribadian Islami Siswa Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MA Ma'arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180169_NINIK DWI ROHMAWATI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rohmawati, Ninik Dwi. 2022. Implementasi Metode Al-Hikmah dan Al-Mau’iz}ah Al-H}asanah dalam Membentuk Kepribadian Islami Siswa pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Ma’arif Al-Mukarrom Kauman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.

Kata Kunci: Metode Al-Hikmah dan Al-Mau’iz}ah Al-H}asanah, Kepribadian Islami, Pembelajaran Aqidah Akhlak.

Proses belajar mengajar, guru mendidik peserta didik agar menjadi manusia yang memiliki imtaq, imtek, akhlak mulia, budi pekerti dan kepribadian islami. Maka, alat yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah metode, yang diartikan sebagai suatu cara yang harus dilakukan untuk menyajikan bahan pelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai. Metode termasuk komponen yang paling penting dan utama. Karena, tidak mungkin materi pendidikan dapat diterima dengan baik kecuali jika disampaikan dengan metode yang tepat. Peserta didik dibina dan dididik tidak hanya sekedar cerdas, tetapi juga memiliki kepribadian islami, sehingga peserta didik lahir sebagai generasi yang religius. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, guru diharapkan dapat membentuk kepribadian islami dengan menerapkan metode al-Hikmah dan al-Mau’iz}ah al-H}asanah pada pembelajaran Aqidah Akhlak kelas X IPA.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan metode al-Hikmah dan al-Mau’iz}ah al-H}asanah dalam membentuk kepribadian islami siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak kelas X IPA MA Ma’arif Al-Mukarrom, (2) mengungkap faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan metode al-Hikmah dan al-Mau’iz}ah al-H}asanah dalam membentuk kepribadian islami siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak kelas X IPA MA Ma’arif Al-Mukarrom, (3) menjelaskan hasil dari implementasi metode al-Hikmah dan al-Mau’iz}ah al-H}asanah dalam membentuk kepribadian islami siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak kelas X IPA MA Ma’arif Al-Mukarrom.
Metode penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik menganalisis datanya menggunakan: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah (1) Guru yang menerapkan metode al-Hikmah pada pembelajaran Aqidah Akhlak dalam membentuk kepribadian islami siswa yakni dengan melakukan pendekatan yang ramah dan tidak menghakimi pola pikir peserta didik. Jika di luar kelas, dalam menerapkan metode al-Hikmah dalam membentuk kepribadian islami siswa, guru melakukan interaksi pada peserta didik melalui pembiasaan dan keteladanan. Dalam menerapkan metode Al-Mau’iz}ah al-H}asanah dalam pembelajaran Aqidah Akhlak, guru memberikan nasihat kepada peserta didik di akhir pembelajaran dengan lembut, suara yang jelas serta bahasa yang mudah dipahami. (2) Faktor yang mendukung guru dalam menerapkan metode al-Hikmah dan al-Mau’iz}ah al-H}asanah pada pembelajaran Aqidah Akhlak adalah: latar belakang guru, pengalaman mengajar guru, penguasaan metode yang digunakan guru pada saat pembelajaran, minat siswa dan perhatian siswa. Sedangkan faktor yang menghambat guru dalam menerapkan metode al-Hikmah dan al-Mau’iz}ah al-H}asanah dalam membentuk kepribadian islami siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak yaitu terletak pada alokasi waktu, (3) Hasil setelah guru menerapkan metode al-Hikmah dan al-Mau’iz}ah al-H}asanah, yakni terdapat perubahan yang dialami siswa, seperti meningkatnya hasil belajar siswa, siswa mengalami perubahan tingkah laku, siswa taat dalam mengikuti kegiatan pembiasaan serta dapat menjaga kesehatan jasmani maupun rohani dengan melaksanakan kegiatan olah raga dan kewajibannya sebagai umat Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:40
Last Modified: 16 Jun 2022 06:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19080

Actions (login required)

View Item View Item