PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN PKN KELAS V DI MI MA'ARIF NGRUPIT JENANGAN PONOROGO

Mu'adilah, Candria Iklasari (2022) PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN PKN KELAS V DI MI MA'ARIF NGRUPIT JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180025 CANDRIA IKLASARI MU'ADILAH PGMI.pdf

Download (731kB) | Preview

Abstract

Mu’adilah, Candria Iklasari. 2022. Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran PKn Kelas V di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Athok Fu’adi, M.Pd..
Kata Kunci: Penerapan, Metode TGT, Pembelajaran PKn
Dalam proses pembelajaran PKn sulit untuk menyampaikan isi materi yang begitu padat, pola pengajaran yang menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan ketertarikan siswa dalam pembelajaran PKn cenderung masih kurang. Selain itu hasil belajar siswa cenderung rendah sehingga evaluasi pembelajarn yang dilakukan juga akan kesulitan. Metode pembelajaran TGT memungkinkan siswa dapat belajar lebih relaks di samping menumbuhkan tanggung jawab, kerjasama, persaingan sehat, dan keterlibatan belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran PKn menggunakan metode Teams Games Tournament (TGT), (2) mengetahui cara mengevaluasi hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo, dengan narasumber terdiri dari 7 perwakilan siswa, guru kelas V B, dan kepala madrasah. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode TGT (Teams Games Tournament) dalam pembelajaran PKn sudah mampu menarik perhatian siswa untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran. Pemilihaan metode pembelajaran yang tepat akan menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan menjadikan pembelajarannya tidak terkesan satu arah saja, namun sudah ada interaksi antara guru dengan siswa, (2) Cara mengevaluasi hasil belajar siswa menggunakan teknik remedial. Remidial ini dilakukan apabila siswa belum mencapai nilai diatas KKM. Selain itu, teknik penilaian yang digunakan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yaitu menggunakan indikator penilaian kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotor (keterampilan).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 05:27
Last Modified: 16 Jun 2022 05:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19077

Actions (login required)

View Item View Item