MAKNA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DALAM PANDANGAN ORANG TUA STUDI FENOMENOLOGI DI MI MA'ARIF MAYAK

Anisah, Choirul (2022) MAKNA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DALAM PANDANGAN ORANG TUA STUDI FENOMENOLOGI DI MI MA'ARIF MAYAK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180028_Choirul Anisah_PGMI.pdf

Download (944kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Anisah, Choirul. 2022.Makna Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dalam Pandangan Orang
Tua Studi Fenomenologidi Mi Ma’arif Mayak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Zazak Soraya, M.Ed.
Kata Kunci: Persepsi, Orang Tua, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
Adanya pandemi covid-19 yang melanda sejak 2020 memberikan dampak secara
langsung di dunia pendidikan. Perubahan sistem pendidikan yang diterapkan guna mencegah
penyebaran covid-19 mengundang banyak persepsi masyarakat. Surat keputusan 4 menteri yang
membuka sekolah pada masa pandemi covid-19 juga mengundang pro dan kontra dikalangan
masyarakat khususnya orang tua yang bertanggungjawab penuh terhadap kehidupan anakanaknya. MI Ma’arif Mayak adalah salah satu lembaga pendidikan di wilayah Ponorogo yang
saat ini telah menerapkan pembelajaran tatap muka terbatas.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan persepsi orang tua terhadap
pembelajaran tatap muka terbatas tahun ajaran 2021/2022, (2) menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi persepsi orang tua terhadappembelajaran tatap muka terbatas tahun ajaran
2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis fenomenologi. Penelitian
dilaksanakan di MI Ma’arif Mayak Ponorogo, dengan informan terdiri dari 6 perwakilan peserta
didik, 12 perwakilan orang tua, dan kepala madrasah. Pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model
interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Pengecekan keabsahan data
yangdigunakan adalah teknik triangulasi sumber.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) sebagian besar orang tua setuju dengan
adanya pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT), karena dengan PTMT dapat membantu anak
dalam memahami materi pembelajaran yang diajarkan oleh gurunya. Meskipun peserta didik
dapat mengakses materi pembelajaran dari sumber yang lain, peran guru tidak akan tergantikan
dengan teknologi apapun. Kemudian, membantu peserta didik dalam penanaman pendidikan
karakter, dan menumbuhkan interaksi sosial antara peserta didik dengan guru, dan peserta didik
lainnya. Selain itu, terdapat orang tua yang masih ragu-ragu dengan penerapan PTMT, karena
khawatir anaknya tidak dapat mematuhi protokol kesehatan dan menjadi klaster baru penyebaran
virus covid-19, (2) terdapat tiga faktor yang mempengaruhi persepsi orang tua terhadap PTMT,
yaitu kebutuhan, kondisi sosial ekonomi, dan psikologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:31
Last Modified: 16 Jun 2022 04:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19072

Actions (login required)

View Item View Item