PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, KOMUNIKASI ANTAR ANGGOTA ORGANISASI, DAN STRUKTUR ORGANISASI TERHADAP BUDAYA ORGANISASI DI MAN SE-KABUPATEN MADIUN TAHUN AJARAN 2020/2021

Khotimah, Husnul (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH, KOMUNIKASI ANTAR ANGGOTA ORGANISASI, DAN STRUKTUR ORGANISASI TERHADAP BUDAYA ORGANISASI DI MAN SE-KABUPATEN MADIUN TAHUN AJARAN 2020/2021. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502180023_HUSNUL_MPI...pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khotimah, Husnul.Budaya organisasi merupakan filosofi dasar dari suatu organisasi yang di dalamnya terdapat nilai dan kepercayaan yang dianut dan diyakini bersama untuk menghasilkan norma perilaku. Berdasarkan hasil wawancara di lapangan menunjukkan bahwa adanya ketidaksesuaian sistem yang berlaku di dalam budaya organisasi. Budaya organisasi dalam penelitian ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor utama yang mempengaruhi budaya organisasi adalah kepemimpinan yaitu keterampilan dari kepala madrasah untuk mempengaruhi dan menggerakkan perilaku bawahannya, komunikasi yang merupakan interaksi dari dua orang atau lebih dengan pendekatan partisipatif untuk mencapai efektifitas, dan struktur yang merupakan pembagian tugas dan kekuasaan yang mengatur jalannya organisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap budaya organisasi, (2) pengaruh komunikasi antar anggota organisasi terhadap budaya organisasi, (3) pengaruh struktur organisasi terhadap budaya organisasi, dan (4) pengaruh kepemimpinan kepala madrasah, komunikasi antar anggota organisasi, dan struktur organisasi terhadap budaya organisasi.
Penelitian ini bertempat di MAN 1 Madiun (Kembangsawit), MAN 2 Madiun (Rejosari), MAN 3 Madiun (Dolopo), dan MAN 4 Madiun (Mejayan). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun pengumpulan datanya, peneliti menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Jumlah populasi sebanyak 163 orang dan sampel sebanyak 110 orang.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa (1) kepemimpinan berpengaruh secara signifikan terhadap budaya organisasi dengan kontribusi sebesar 39,1%. (2) komunikasi berpengaruh secara signifikan terhadap budaya organisasi dengan kontribusi sebesar 27,2%. (3) struktur berpengaruh secara signifikan terhadap budaya organisasi dengan kontribusi sebesar 46,1%. Dan (4) kepemimpinan, komunikasi, dan struktur berpengaruh secara signifikan terhadap budaya organisasi dengan kontribusi sebesar 55,1%.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:17
Last Modified: 16 Jun 2022 04:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19070

Actions (login required)

View Item View Item