Amalia Putri Dahlia, Pengaruh Pengetahuan Dan Motivasi Terhadap Minat Bertransaksi Di Bank Syariah(Studi Pada Masyarakat Desa Carangrejo Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo)

Dahlia, Amalia Putri (2022) Amalia Putri Dahlia, Pengaruh Pengetahuan Dan Motivasi Terhadap Minat Bertransaksi Di Bank Syariah(Studi Pada Masyarakat Desa Carangrejo Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210815042_Amalia Putri Dahlia_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Dahlia, Amalia Putri. Pengaruh Pengetahuan dan Motivasi terhadap Minat​Bertransaksidi Bank Syariah (Studi pada Masyarakat Desa Carangrejo Kecamatan​Sampung Kabupaten Ponorogo). Skripsi. 2022. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas​Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo.​Pembimbing: Yulia Anggraini, S.A.B., M.M.
Kata Kunci: Pengetahuan, Motivasi, Minat Bertransaksi.

Minat merupakan pemusatan perhatian yang disertai dengan perasaan senang terhadap barang tersebut, kemudian minat individu tersebut menimbulkan keinginan sehingga timbul perasaan yang meyakinkan bahwa barang tersebut mempunyai manfaat sehingga ingin memiliki barang tersebut dengan cara membayar atau mengukur dengan uang. Dalam proses minat bertransaksi dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya pengetahuan dan motivasi. Pengetahuan merupakan sekumpulan informasi yang dimiliki oleh seseorang. Sedangkan motivasi merupakan suatu dorongan yang muncul dalam diri manusia yang dapat mendorong melakukan kegiatan. Dengan adanya pengetahuan dan motivasi yang tinggi maka minat bertransaksi juga tinggi.

Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) Apakah pengetahuan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat bertransaksi di bank syariah, (2) Apakah motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat bertransaksi di bank syariah, (3) Apakah pengetahuan dan motivasi secara simultan memiliki pengaruh pengaruh yang signifikan terhadap minat bertransaksi di bank syariah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda yang kemudian ditarik kesimpulan berdasarkan analisis tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap minat bertransaksi di bank syariah yang dibuktikan dengan nilai thitung 2,252 lebih besar dari ttabel 1,660. (2) Motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat bertransaksi di bank syariah yang dibuktikan dengan nilai thitung 3,613 lebih besar dari ttabel 1,660. (3) secara simultan pengetahuan dan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat bertransaksi di bank syariah yang dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 28,949 lebih besar dari Ftabel 3,941.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:09
Last Modified: 16 Jun 2022 04:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19067

Actions (login required)

View Item View Item