Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMPN 3 Slahung Ponorogo

Nurdiana, Putri Nana (2022) Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMPN 3 Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180181_Putri Nana Nurdiana_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurdiana., Putri Nana Nurdiana. 2022. Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Perilaku Indisipliner Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMPN 3 Slahung Ponorogo.Skripsi Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Ponorogo. Pembimbing Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I
Kata Kunci:Peran Guru PAI, Indisipliner, Pandemi Covid 19

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku indisipliner yang terjadi pada kalangan pelajar di lingkungan sekolah seperti tidak memakai atribut yang lengkap, tidak memasukkan baju seragam, terdapat siswa membolos, ramai pada saat jam pembelajaran, kurang tertib siswa di lingkungan sekolah, tidak memakai masker, tidak mencuci tangan dan permasalahan lainnya. Berdasarkan hal tersebut, pentingnya peran guru dalam pendidikan, guru memiliki tugas, peran dan tanggung jawab dalam memberikan ilmu pengetahuan, mengajarkan etika dan berperilaku, suri tauladan dan membimbing siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Cara Guru PAI Dalam Memberikan Sanksi Terhadap Perilaku Indisipliner Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMPN 3 Slahung Ponorogo, dan (2) Cara Guru PAI Dalam Memberikan Bimbingan Terhadap Perilaku Indisipliner Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMPN 3 Slahung Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mereduksi data, penyajian data dan kesimpulan data.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) guru PAI dalam memberikan sanksi terhadap perilaku indisipliner siswa pada masa pandemi covid 19 yaitu melalui teguran atau peringatan dan hafalan surat pendek. Guru PAI memberikan sanksi berupa teguran atau peringatan kepada siswa yang melakukan perilaku indisipliner di sekolah dengan maksud agar siswa mengerti kesalahan yang dilakukan dan bertindak sesuai tata tertib sekolah. Guru PAI memberikan sanksi berupa hafalan surat pendek cukup efektif dilakukan agar siswa menambah dan mengingat kembali hafalan surat pendek, dan (2) guru PAI memberikan bimbingan terhadap perilaku indisipliner siswa pada masa pandemi covid 19 yaitu melalui bimbingan secara langsung, keteladanan dan memberikan motivasi kepada siswa. Bimbingan secara langsung guru PAI berupa menasehati, memberikan arahan dan menegaskan. Keteladanan guru PAI berupa guru selalu memberikan contoh yang baik sehingga menjadi panutan bagi siswa seperti datang ke sekolah dengan tepat waktu, selalui berpakaian dengan rapi, memakai masker, selalu memberi salam dan senyum kepada siswa dan selalu mengikuti kegiatan keagamaan dengan tepat waktu seperti sholat dhuha. Memberikan motivasi kepada siswa berupa memberikan semangat dalam kegiatan pembelajaran, selain itu juga mengajarkan bagaimana perilaku yang baik kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:11
Last Modified: 16 Jun 2022 04:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19065

Actions (login required)

View Item View Item