Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Guru pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Bungkal

Utami, Melinda Aprillia (2022) Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Guru pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Bungkal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180144_Melinda Aprillia Utami_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Utami, Melinda Aprillia. 2022. Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Guru pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Bungkal. Skripsi,Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M. Pd.
Kata Kunci: Penerapan, Keterampilan Dasar Mengajar Guru, Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti
Proses pembelajaran di dalam kelas sangat berkaitan dengan salah satu komponen yaitu
guru. Guru dalam proses pembelajaran menjadi salah satu komponen yang memegang peranan penting. Oleh sebab itu dalam proses pembelajaran guru harus menjadi guru yang baik dan profesional. Sehingga guru perlu memiliki keterampilan-keterampilan yang menunjang dalam dirinya. Salah satu keterampilan tersebut adalah keterampilan dasar mengajar guru.Keterampilan dasar mengajar guru ini harus dimiliki dan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran oleh semua guru, tidak terkecuali pada guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Bungkal juga telah menerapkan keterampilan dasar mengajar guru dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan penerapan keterampilan dasar mengajar guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Bungkal. (2) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat penerapan keterampilan dasar mengajar guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Bungkal. (3) menjelaskan dampak penerapan keterampilan dasar mengajar guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Bungkal.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan analisis data model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputipengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengecekan
keabsahan temuan dilakukan dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Penerapan keterampilan dasar mengajar
guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Bungkal sudah berjalan cukup baik. Namun pada keterampilan bertanya yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Bungkal hanya keterampilan bertanya dasar saja. (2)
Faktor pendukung dari penerapan tersebut yaitu sarana prasarana dan perlengkapan alat tulis di kelas yang lengkap, media pembelajaran yang lengkap, motivasi siswa yang kuat dalam mengikuti pembelajaran, kesiapan guru, dan kesiapan siswa. Sedangkan faktor penghambat dari
penerapan tersebut yaitu kesulitan dalam memahami perbedaan karakteristik siswa, perbedaan individu siswa, kesulitan dalam mengadakan evaluasi dan pengaturan waktu, motivasi siswa yang kurang semangat,pandemi Covid-19 yang belum berakhir dan siswa kecanduan handphone. (3) Dampak dari penerapan keterampilan dasar mengajar guru pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Bungkal yaitu menimbulkan dampak
positif kepada siswa dan kepada proses pembelajaran. Adapun dampak pada proses
pembelajaran yaitu proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menjadi menyenangkan, menarik dan tidak membosankan, pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien, serta materi pelajaran tersampaikan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sedangkan dampak pada siswa yaitu siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, siswa mudah memahami materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, siswa memiliki motivasi belajar dan minat belajar yang tinggi, siswa senang dengan cara mengajar guru sehingga akhirnya suka dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, dan hasil belajar siswa memiliki nilai di atas KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:09
Last Modified: 16 Jun 2022 04:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19064

Actions (login required)

View Item View Item