Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Kelas III SDIT Lentera Hati Kupuk Ponorogo

Saputri, Dinda Pebriantika (2022) Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Kelas III SDIT Lentera Hati Kupuk Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Dinda Pebriantika S_203180156_Skripsi e theses 2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Saputri, Dinda Pebriantika.2022.Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Kelas III SDIT Lentera Hati Kupuk Bungkal. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Syaiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Problem Slving, Hasil Belajar, Matematika, Materi Pecahan

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum perubahan dari kurikulum KTSP 2006. Kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa atau Student Canter dimana pada kurikulum ini guru harus berrinovasi dan kreatif dalam menerapkan proses pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran. Namun, pada kenyataannya di SDIT Lentera Hati masih banyak siswa yang memperoleh hasil belajar yang rendah. Hal disebabkan karena kurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan., adanya kesulitan mempelajari dan memahami materi pembelajaran matematika khususnya materi pecahan penjumlahan dan pengurangan serta adanya anggapan siswa bahwa matematika adalah suatu pembelajaran yang sulit.
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Problem Solving dalam pembelajaran matematika m,ateri pecahan pada kelas III di SDIT Lentera Hati Kupuk Ponorogo dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan dengan menggunakan metode Problem Solving di kelas III SDIT Lentera Hati Kupuk Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dengan jenis penelitian dan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara serta dkumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena dalam penelitian ini menggambarkan atau mendeskripsikan mengenai lokasi penelitian secara jelas. Penelitian ini menerapkan 3 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan dan jumlah responden 22 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I terjadi peningkatan sedang dengan rata-rata 43,61 dibandingkan dengan nilai pada kegiatan pra silus dengan rata-rata 34,54. Kemudian pada silkus II terjadi peningkatan tinggi pada hasil belajar matematika sebesar 86,19 dengan melakukan perbaikan pada lembar soal dan slebih mengondusifkan siswa. Selanjutnya pada siklus III terjadi peningkatan sedang sebesar 98,25 dengan memberikan penguatan terhadap materi pembelajaran. Melihat hasil penelitian ini, dapat dijadikan sebagai motivasi guru untuk selalu berinovatif dan kreatif dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:38
Last Modified: 16 Jun 2022 03:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19062

Actions (login required)

View Item View Item