IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS IX DI MTs N 6 PONOROGO

Nursela, Melinda Eka (2022) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS IX DI MTs N 6 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180026_MELINDA EKA NURSELA_TADRIS IPS.pdf

Download (859kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nursela, Melinda Eka. 2022. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPS
Terpadu Kelas IX di MTs N 6 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan
Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Prof.Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag.
Kata Kunci :Implementasi, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran IPS Terpadu
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk membangun sumber daya manusia
yang memiliki tujuan sebagai insan yang berilmu dan berakhlak mulia, melalui proses
pembelajaran disekolah akan terciptanya tujuan pendidikan dan proses pembelajaran yang tidak
lepas dengan kurikulum. Mulai dari orde lama, orde baru sampai orde reformasi terdapat
beberapa pergantian kurikulum, salah satunya kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan
saintifik. Penggunaan pendekatan saintifik dilakukan dengan langkah-langkah 5M yang meliputi
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan. Dalam
pendekatan saintifik ini yang berperan tidak hanya peserta didik saja melainkan guru juga sangat
berperan sebagai fasilitator dan pembimbing untuk menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan dan menumbuhkan semangat serta motivasi peserta didik dengan sunguhsungguh. Oleh sebab itu diperlukan implementasi pendekatan saintifik di dalam sekolah.
Penelitiian yang saya lakukan ini bertujuan untuk: (1) Untuk menjelaskan perencanaan
pembelajaran IPS Terpadu menggunakan pendekatan saintifik Kelas IX di MTs N 6 Ponorogo
(2) Untuk menjelaskan proses pembelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan pendekatan
saintifik Kelas IX di MTsN 6 Ponorogo dan (3) Untuk menjelaskan problematika pembelajaran
IPS Terpadu dalam implementasi pendekatan saintifik Kelas IX di MTsN 6 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang menggunakan 3 tahapan
teknik analisis data meliputi reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan agar
mendapatkan data yang valid dan reliable.
Hasil dari penelitian ini ditemukan: (1) Perencanaan pembelajaran IPS terpadu dengan
menggunakan pendekatan saintifik kelas IX di MTs N 6 Ponorogo guru menyusun perencanaan
pembelajaran melalui RPP dan silabus sudah mengacu sesuai dengan kaidah pendekatan
saintifik. (2) Proses pembelajaran IPS terpadu dengan menggunakan pendekatan saintifik kelas
IX di MTs N 6 Ponorogo secara garis besar sudah mengimplementasikan pendekatan saintifik
dengan baik, namun tidak setiap jam pembelajaran pendekatan saintifik diterapkan. (3)
Problematika pembelajaran IPS terpadu menggunakan pendekatan saintifik kelas IX di MTs N 6
Ponorogo adalah kesulitan guru ada pada waktu pembelajaran yang kurang cukup untuk
melakukan proses pembelajaran karena harus mengkondisikan peserta didik terlebih dahulu, dan
kesulitan pada peserta didik terletak pada mengimplementasikan pendekatan saintifik dengan
langkah mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:37
Last Modified: 16 Jun 2022 03:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19060

Actions (login required)

View Item View Item