..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru terhadap Inovasi Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kismantoro Wonogiri Tahun Pelajaran 2021/2022

Narti, Dwi (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru terhadap Inovasi Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kismantoro Wonogiri Tahun Pelajaran 2021/2022. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502200009_DWI NARTI_MPI.pdf

Download (993kB) | Preview

Abstract

Inovasi pendidikan perlu dilakukan untuk menyetarakan pendidikan dengan realita kehidupan yang semakin maju dan juga untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, karena kualitas pendidikan tidak dapat terealisasi tanpa adanya inovasi pendidikan. Apabila suatu lembaga tidak melakukan inovasi maka akan tertinggal atau ditinggalkan oleh pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap inovasi pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kismantoro Wonogiri; 2) mengetahui pengaruh profesionalitas guru terhadap inovasi pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kismantoro Wonogiri; 3) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas guru terhadap inovasi pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kismantoro Wonogiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilakukan uji dengan analisis regresi. Terdapat tiga variabel yang saling mempengaruhi dalam penelitian ini, yaitu variabel kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas guru sebagai variabel independen dan inovasi pendidikan sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, dimana sampelnya yaitu 57 siswa, dan menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data ketiga variabel tersebut.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap inovasi pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kismantoro Wonogiri sebesar 33,7% dan memberikan layanan prima merupakan faktor yang paling dominan (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara profesionalitas guru terhadap inovasi pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kismantoro Wonogiri sebesar 34,3% (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalitas guru terhadap inovasi pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kismantoro Wonogiri sebesar 40,1%.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:52
Last Modified: 16 Jun 2022 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19048

Actions (login required)

View Item View Item