ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PEMASARAN PADA MARKETPLACE SHOPEE

Imron, Yudha (2022) ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PEMASARAN PADA MARKETPLACE SHOPEE. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
YUDHA NUR IMRON 501180019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PEMASARAN
PADA MARKETPLACE SHOPEE

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemasaran jual beli Online pada Marketplace Shoopee dengan etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Untuk pengumpulan data penelitian ini melakukan wawancara kepada penjual dan konsumen pada Marketplace Shopee. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahap metode untuk pengelohan data, yakni memeriksa data, klasifikasi, verifikasi, analisis, dan kesimpulan .
Dari hasil penelitian yang ditemukan, pemasaran jual beli Online dengan sistem harga coret pada Marketplace Shopee terdapat kesesuaian dengan etika bisnis Islam aksioma etik kesatuan dan kehendak bebas. Dikarenakan dalam pemasarannya tidak ada unsur deskriminasi dan sebagai pebisnis sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan penjualannya. Sedangkan dilihat dari kaca mata etika bisnis aksioma etik keseimbangan dan tanggung jawab tidak sesuai dengan etika bisnis Islam dikarenakan dalam memberlakukan penetapan harga pada harga coret, penjual melakukan permainan harga yang sangat drastis dan menaikkan terlebih dahulu sebelum adanya harga coret dimunculkan, sehingga dapat mempengaruhi pasar lain serta merugikan konsumen. Selanjutnya,dalam pemasaran jual beli Online pada Marketplace Shopee dengan sistem promosi tidak bertentangan dengan aksioma etik kesatuan dan kehendak bebas. Dikarenakan dalam promosi tersebut berlaku untuk semua konsumen, dalam media promosi tersebut tidak mengandung unsur pemaksaan. Sebagai penjual di Marketplace Shopee sudah melakukan kebebasan dalam mengurangi tingkat kerugian terhadap produk-produk yang dijual. Sedangkan dilihat dari aksioma etik keseimbangan dan tanggung jawab bertentangan dengan etika bisnis Islam dikarenakan dalam pemasaran ini berfokus pada testimony positif yang sebelumya bekerja sama dengan konsumen atau kurir pengiriman barang. Sedangakan dalam pemasaran jual beli Online pada Marketplace Shopee dengan sistem kualitas barang yang digunakan terdapat kesesuaian dengan aksioma etik kesatuan dan kehendak bebas, dikarenakan untuk mengurangi kerugian penjual telah menggunakan sebagian barang untuk sistem bonus atau harga coret dan diperuntukkan kepada semua konsumen. Apabila dilihat dari aksioma etik keseimbangan dan tanggung jawab bertentangan dengan etika bisnis Islam. Dikarenakan kualitas produk yang digunakan hampir kadaluarsa dan tidak sesuai dengan deskripsi yang dijelaskan saat melakukan promosi.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Pemasaran, Marketplace Shopee

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:51
Last Modified: 16 Jun 2022 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19047

Actions (login required)

View Item View Item