FACILITY AND SERVICE ANALYSIS HOTEL ASIA JAYA SYARIAH SARANGAN DALAM KEPATUHAN PRINSIP-PRINSIP SYARIAH

Harits, Muhammad (2022) FACILITY AND SERVICE ANALYSIS HOTEL ASIA JAYA SYARIAH SARANGAN DALAM KEPATUHAN PRINSIP-PRINSIP SYARIAH. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS M HARITS PERPUS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Facility and service hotel merupakan bagian penting yang harus ada dalam hotel terlebih hotel syariah yang harus memperhatikan dengan baik facility and service hotel untuk menunjang keberhasilan dari hotel.Penelitian ini meliputi tiga pembahasan masalah yang meliputi: Pertama, facility hotel syariah. Kedua, service hotel. Ketiga, kendala hotel dalam kepatuhan prinsip-prinsip syariah.Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian ini di Hotel Syariah Sarangan. Sedangakan analisa data menggunakan metode analisis deskriptif dengan pisau analisis ekonomi syariah yaitu enam prinsip dasar syariah dalam bisnis perhotelan berdasarkan prinsip-prinsip syariah yaitu prinsip konsumsi, prinsip hiburan, prinsip etika, prinsip kegiatan usaha, prinsip batasan hubungan, dan prinsip tata letak. Pola pikir yang digunakan dalam analisis adalah induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan stakeholder hotel, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini adalah dari segi Fasilitas di Hotel Asia Jaya Syariah secara keseluruhan sesuai dengan syariat Islam dalam bisnis perhotelan, mulai dari prinsip hiburan, prinsip konsumsi, prinsip etika, dan prinsip tata letak. Namun, hotel ini kurang maksimal dalam menerapkan prinsip batasan hubungan antara lain: (a) Tidak tersedia fasilitas himbauan tertulis di area front office bagi tamu muslim agar berbusana rapi dan tertutup; (b) Tidak tersedia pemisah antara tamu laki-laki dan perempuan di musolla; (c) Tidak tersedianya arah kiblat disetiap kamar hotel. Sedangkan dari service hotel, secara keseluruhan sudah baik dalam menerapkan keenam prinsip syariah tersebut, hanya saja terdapat kekurangan dalam menerapkan prinsip konsumsi di restoran sebab tidak adanya pengawasan terhadap cara penyembelihan daging yang dibeli. Begitu pula kurangnya hotel dalam menerapkan prinsip etika di lobby yaitu karyawan hotel tidak memberi salam kepada tamu yang tidak datang ke meja front office, masih ada karyawan laki-laki yang memakai kalung, serta pihak front office tidak menyediakan kain potong atau semacamnya untuk tamu non muslimah yang berbusana sangat terbuka, Berkaitan dengan kualitas layangan tercpainya Responsivess (ketanggapan) dalam pelayanan offline yang cukup bagus sesuai dengan keingan konsumen. Berdasarkan fasilitas yang dimiliki, dapat diketahui bahwa Hotel Asia Jaya Syariah Sarangan belum memenuhi aturan Nomor 3, 6 dan 7 dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia No.108/DSN-MUI/X/2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Syariah karena belum memiliki sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama, belum memiliki panduan prosedur pelayanan hotel dan juga belum menggunakan jasa lembaga keuangan syariah. Kendala yang dialami Hotel Asia Jaya Syariah Sarangan dalam kepatuhan prinsip-prinsip syariah terdiri dari kendala internal seperti kurangnya dukungan dari dinas pariwisata dan kendala eksternal diantaranya seperti adanya image negatif terhadap bisnis perhotelan yang telah terbangun selama ini ditengah-tengah masyarakat seperti bahwa hotel digunakan untuk tempat bermaksiat.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: ELY MASYKUROH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:49
Last Modified: 16 Jun 2022 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19043

Actions (login required)

View Item View Item