..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kematangan Emosi dan Fasilitas Belajar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo Tahun 2021/2022.

Ma'rifah, Ines Binti (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Kematangan Emosi dan Fasilitas Belajar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo Tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 201180108 INES BINTI MA'RIFAH.docx

Download (734kB)

Abstract

ABSTRAK

Ma’rifah, Ines Binti. 2022. Pengaruh Kematangan Emosi dan Fasilitas Belajar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI SMA Bakti Ponorogo Tahun 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Muhammad Ali, M.Sd.

Kata Kunci: Kematangan Emosi, Fasilitas Belajar, Kreativitas Belajar Siswa.
Setiap individu memiliki kreativitas yang berbeda-beda, hal ini disebabkan oleh adanya beberapa faktor yang menjadi dasar dari munculnya kreativitas seseorang. Beberapa diantaranya adalah kematangan emosi dan fasilitas belajar. Tingkat kematangan emosi yang baik dapat memicu kreativitas siswa, karena setiap siswa pasti memiliki pengalaman emosional yang berbeda. Tingkat kematangan emosi yang baik dapat mempengaruhi kreativitas siswa dalam belajar. Fasilitas belajar, fasilitas belajar biasa di dapatkan siswa di lingkungan sekolah, fasilitas yang lengkap dan memadai tentunya akan memicu kreativitas siswa. Siswa membutuhkan lingkungan yang memfasilitasi potensi kreatif dalam dirinya, Sehingga peran sekolah dalam memicu kreativitas belajar siswa sangat dibutuhkan bagi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara kematangan emosi terhadap kreatifitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMA Bakti Ponorogo tahun 2021/2022. (2) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap kreatifitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMA Bakti Ponorogo tahun 2021/2022. (3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara kematangan emosi dan fasilitas belajar terhadap kreatifitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMA Bakti Ponorogo tahun 2021/2022.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMA Bakti Ponorogo, yaitu sejumlah 164 siswa. Dari populasi tersebut diambil 25% dari populasi sehingga jumlah sampelnya adalah 41 responden. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data.
Berdasarkan dari analisis data diatas maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kematangan emosi (X1) terhadap Kreativitas belajar siswa (Y) mata pelajaran PAI SMA Bakti Ponorogo tahun 2021/2022 dibuktikan dengan nilai P-value (0.000) < α (0,05) maka tolak H0 dan terima Ha. Diketahui pula kematangan emosi berpengaruh sebesar 51,7 % terhadap kreativitas belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar (X2) terhadap kreatifitas belajar siswa (Y) pada mata pelajaran PAI SMA Bakti Ponorogo tahun 2021/2022 dengan nilai P-value (0,000) < α (0,05) maka tolak H0 dan terima Ha. Diketahui pula fasilitas belajar berpengaruh sebesar 65,8 % terhadap kreativitas belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kematangan emosi (X1) dan fasilitas belajar (X2) terhadap kreativitas belajar siswa (Y) mata pelajaran PAI SMA Bakti Ponorogo tahun 2021/2022 dibuktikan dengan nilai P-value (0,000) < α (0,05) maka tolak H0 dan terima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar (X2) memiliki pengaruh yang dominan terhadap kreativitas belajar siswa (Y) dibuktikan dengan nilai R Square sebesar 65,8% daripada variabel kematangan emosi (X1) terhadap (Y) dengan nilai R Square lebih kecil yaitu 51,7%. Adapun nilai R Square (R2) gabungan keduanya yaitu kematangan emosi dan fasilitas belajar terhadap kreativitas belajar siswa sebesar 0,660. Nilai tersebut menggambarkan bahwa variabel kematangan emosi dan fasilitas belajar berpengaruh sebesar 66% terhadap kreativitas belajar siswa nilai R Square ini lebih besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa apabila kedua variabel di gabung akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo Tahun 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:46
Last Modified: 16 Jun 2022 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19039

Actions (login required)

View Item View Item