Nilai-Nilai Karakter dalam Buku "Yang Hilang dari Kita: Akhlak" Karya M. Quraish Shihab dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII

Erviani, Tina (2022) Nilai-Nilai Karakter dalam Buku "Yang Hilang dari Kita: Akhlak" Karya M. Quraish Shihab dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TINA 201180220 PAI F ethesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Erviani, Tina. 2022. Nilai-Nilai Karakter
dalam Buku “Yang Hilang dari Kita:
Akhlak” Karya M. Quraish
Shihab dan Relevansinya dengan
Materi Akidah Akhlak di Madrasah
Tsanawiyah Kelas VIII. Skripsi,
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr.
Kharisul Wathoni, M. Pd. I.

Kata Kunci: Nilai Karakter, Akidah, Akhlak

Pendidikan memegang peran penting dalam menghadapi masalah yang sangat mendasar. Satu sisi pendidikan harus mengembangkan kemampuan pembentukan karakter untuk menuju bangsa yang bermartabat, dan disisi lain kondisi anak-anak yang kurang baik dengan media massa yang menayangkan susunan yang kurang mendidik membuat pembentukan karakter manusia yang bermartabat baik menjadi terhambat.
Penelitian ini bertunuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan Konsep Karakter dalam Buku “Yang Hilang Dari Kita: Akhlak” karya M. Quraish Shihab, (2) Untuk mendeskripsikan Relevansi Nilai-Nilai Karakter dalam buku “Yang Hilang Dari Kita: Akhlak karya M. Quraish Shibab dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah.
Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode library research atau penulisan berdasarkan literature. Menggunakan metode studi dokumentasi dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk menggali pikiran seseorang yang tertulis dalam buku yang dipublikasikan.
Konsep karakter yang terkandung dalam buku “Yang Hilang dari Kita: Akhlak” yaitu nilai karakter religius dengan pembahasan karakter sabar dan adab. Sabar yang ditekankan adalah sabar menghadapi ujian, sabar atas kenikmatan yang diberikan Allah Swt, sabar membentengi diri dari perbuatan tercela. Selanjutnya adalah adab yang terbagi menjadi dua yaitu adab terhadap orang tua dan juga adab terhadap guru. Adab terhadap orang tua yang dianjurkan adalah menyayangi kedua orang tua, menafkahi orang tua sesuai kemampuan, serta harus berbakti kepada orang tua meskipun mereka sudah tiada. Adab terhadap guru yang dianjurkan yaitu menyegani guru karena guru yang menyampaikan ilmu, meneladani sikap disiplin, kasih saying, performanya. Nilai karakter yang selanjutnya yaitu kedisiplinan yang menganjurkan untuk patuh terhadap ketentuan dan peraturan yang berlaku, disiplin dalam bergaul akan menciptakan sikap saling menghormati, disiplin waktu maupun rukun-rukunnya dalam mengerjakan shalat. Nilai karakter yang terakhir yaitu toleransi yang mewajibkan agar senantiasa membebaskan orang lain untuk memiliki keyakinan beragama, menghargai gagasan orang yang berbeda pandangan, serta menghargai keanekaragaman yang merupakan anugerah dari Tuhan. Relevansi nilai-nilai karakter dalam buku “Yang Hilang dari Kita: Akhlak” dengan materi Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah, yaitu 1) karakter kesabaran pada buku relevan dengan karakter sabar dalam materi; 2) karakter toleransi pada buku pembahasannya relevan dengan materi pada bab membiasakan sikap tasamuh dan selalu mengevaluasi kesalahan diri sendiri untuk berubah lebih baik kedepanya; 3) karakter kesopanan terhadap orang tua dan guru pada buku relevan dengan meteri pada bab adab peserta didik terhadap orang tua dan juga adab peserta didik terhadap guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:43
Last Modified: 16 Jun 2022 01:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19038

Actions (login required)

View Item View Item