Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an di TPQ Al-Ikhlas Kapuran Badegan Ponorogo

Mahfudz, Muhamad Masduqi (2022) Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an di TPQ Al-Ikhlas Kapuran Badegan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180153 MUHAMAD MASDUQI MAHFUDZ PAI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mahfudz, Muhamad Masduqi. 2022. Penerapan Metode
An-Nahdliyah dalam pembelajaran Baca Tulis Al-
Qur’an di TPQ Al-Ikhlas Kapuran Badegan
Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama
Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing Ahmad Nu’man Hakiem. M.Pd.I.
Kata Kunci: An-Nahdliyah, Baca Tulis Al-Qur’an, TPQ.
Peningkatan pengelolaan pendidikan dewasa ini
mencakup peningkatan relevansi, iklim akademik,
komitmen kelembagaan, efisiensi, dan keberlanjutan; Untuk
itu peningkatan kualitas pembelajaran memperoleh tempat
yang amat penting, yang meliputi: kualitas perilaku
pembelajaran guru, perilaku belajar siswa, iklim
pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran,
dan metode pembelajaran di sekolah. Aneka permasalahan
pembelajaran (learning problems) yang terjadi dalam
praktek pembelajaran di sekolah, khususnya dalam hal ini
yaitu TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an), memiliki variasi
yang amat beragam.Penelitian ini dilatar belakangi oleh
banyaknya model atau metode pembelajaran di TPQ untuk
mempermudah dan mendukung peserta didik dalam belajar
membaca al-Qur’an, sehingga timbullah perbandingan dari
tiap metode tersebut dikarenakan dari masing-masing
metode itu memiliki kelebihan dan kekurangannya dalam
proses pembelajaran membaca al-Qur’an. Metode yang
digunakan dalam TPQ salah satunya ialah metode an-
Nahdliyah. Metode tersebut dianggap praktis dan ringan
untuk pembelajaran pemula. Berdasarkan hal di atas, penulis
tertarik untuk mengetahui lebih lanjut serta memfokuskan penelitian ini pada penerapan metode An-Nahdliyah dalam
pembelajaran baca tulis Al-Qur’an.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mendeskripsikan pelaksanaan metode An-Nahdliyah di TPQ
Al-Ikhlas Kapuran Badegan Ponorogo, untuk
mendeskripsikan kontribusi metode An-Nahdliyah di TPQ
Al-Ikhlas Kapuran Badegan Ponorogo, serta untuk
mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pada
pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode
An-Nahdliyah di TPQ Al-Ikhlas Kapuran Badegan
Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis
penelitiannya menggunakan studi kasus. Sumber data yang
digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
mengikuti konsep Miles dan Hubberman yang terdiri dari:
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode
An-Nahdliyah dilakukan secara klasikal dengan
menggunakan stik sebagai media bantu mengukur panjang
pendek bacaan, dilaksanakan sesuai buku pedoman yang
memiliki dua program pelaksanaan yaitu program jilid 1
sampai 6 dan program sorogan Al-Qur’an, metode
pembelajaran yang digunakan yaitu metode demonstrasi,
ceramah, drill dan tanya jawab. Untuk kontribusi metode an-
Nahdilyah terhadap dunia pendidikan Al-Qur’an khususnya
yaitu mampu meningkatkan keberhasilan dalam
pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, mampu meningkatkan
profesionalitas guru, menjadi sarana dakwah kepada
masyarakat. Untuk faktor pendukung dan penghambatnya yaitu Santri, apabila santri itu mudah dikondisikan, tidak
gaduh dan sebagainya, maka tentu juga akan mempermudah
pelaksanaan suatu pembelajaran. Begitu juga dengan guru,
seorang guru harus mampu memposisikan diri sebagai guru
yang profesional, yang memiliki kemampuan mengajar yang
baik, memiliki kapasitas keilmuan yang cukup, menguasai
materi dari metode An-Nahdliyah, sehingga dapat
mempermudah proses pembelajaran, serta lingkungan, jika
santri berada dalam lingkungan yang baik dan mendukung
kegiatan belajarnya, maka santri dapat lebih mudah dalam
belajar membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:42
Last Modified: 16 Jun 2022 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19035

Actions (login required)

View Item View Item