STRATEGI MARKETING HUMAS DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DI MASYARAKAT (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO)

Qholik, Wisnu (2022) STRATEGI MARKETING HUMAS DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DI MASYARAKAT (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WISNU QHOLIK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Qholik, Wisnu. 2022. Strategi Marketing Humas dalam Membangun Brand Image di Masyarakat (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. H. Muhammad Thoyib, M.Pd.

Kata kunci : strategi marketing, humas pendidikan, brand image sekolah.

Persaingan dalam dunia pendidikan yang semakin kompetitif menuntut lembaga pendidikan untuk membuat perencanaan agar lembaga bisa bertahan dari arus persaingan. Banyak lembaga pendidikan yang ditinggalkan oleh pelanggannya, sehingga banyak terjadi penggabungan dari beberapa lembaga pendidikan atau bahkan lembaga akan gulung tikar. Oleh sebab itu diperlukan strategi marketing dalam upaya membangun brand image sekolah. Strategi pemasaran berguna dalam memperbaiki pelayanan kepada konsumen, mendapatkan Citra yang baik dari konsumen dan meningkatkan daya saing lembaga pendidikan. SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo sebagai lembaga penyedia jasa pendidikan perlu belajar dan memiliki inisiatif untuk meningkatkan minat konsumen serta kepuasan pelanggan.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan bentuk strategi Marketing humas dalam membangun brand image di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. (2) untuk menganalisis penerapan strategi Marketing humas dalam membangun brand image di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. (3) untuk mengetahui implikasi dari penerapan strategi Marketing humas dalam membangun brand image di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan model pendekatan studi kasus, serta teknik pengumpulan data penelitian melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang humas, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum wali murid serta ketua OSIS. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahap yaitu kondensi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk strategi marketing yang dijalankan humas dalam membangun brand image sekolah di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo berupa: menganalisis brand image yang seperti apa yang terbentuk untuk digunakan sebagai pijakan dalam perumusan perencanaan, kemudian menciptakan produk yang diminati masyarakat agar lembaga berdaya saing dan diminati dan mengadakan promosi guna mensosialisasikan program unggulan apa saja yang ada pada lembaga, terakhir survei kepuasan pelanggan sebagai bahan evaluasi dalam perbaikan pelayanan. (2) Penerapan strategi marketing yang dijalankan humas dalam membangun brand image di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo melalui segmentation, positioning, dan differentation. (3) Implikasi dari penerapan strategi Marketing humas dalam membangun brand image di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo adalah: minat masyarakat meningkat, luas jangkauan lembaga, membentuk kepedulian dan loyalitas publik terhadap lembaga, sumber rujukan bagi masyarakat, tercapainya kepuasan pelanggan, serta hubungan harmonis pelanggan dengan lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:36
Last Modified: 16 Jun 2022 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19031

Actions (login required)

View Item View Item