(keaslian tulisan harus bermeterai..upload ulang)..PROGRAM DESA BERDAYA RUMAH ZAKAT DALAM PERFEKTIF MAQÂSHID AL-SYARÎAH (Studi Kasus Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo)

Icksani, Wildan (2022) (keaslian tulisan harus bermeterai..upload ulang)..PROGRAM DESA BERDAYA RUMAH ZAKAT DALAM PERFEKTIF MAQÂSHID AL-SYARÎAH (Studi Kasus Desa Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
501200015_MUHAMMAD WILDAN ICKSANI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan kompensasi pada Bank Syariah Indonesia Cabang Pembantu Ponorogo adalah gaji Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Program Desa Berdaya dalam Perfektif Maqâshid al-syarîah menurut pandangan Imam Asy Syathiby.
Metode Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, melalui pengolahan data primer dan sekunder yang diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi di Desa Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo.
Hasil penelitian menemukan (1) pemilihan program desa berdaya di Desa Mrican berbentuk pengarahan, pendampingan penyusunan program yang sesuai dengan kebutuhan pemberdayaan, dimana tujuan pemberdayaan ini memberikan kesejahteraan kepada penerima manfaat dan masyarakat dengan perbaikan dalam bidang pendidikan, jiwa serta peningkatan ekonomi. (2) implementasi program Desa Berdaya di Desa Mrican mengenai peningkatan kesadaran akan lingkungan, kesadaran akna pentingnya agama, meningkatnya pendapatan perekonomian dan pentingnya menjaga keturunan (3) manfaat program Berdaya di Desa Mrican terhadap kesejahteraan masyarakat meliputi perubahan kehidupan ekonomi, peningkatan agama, peningkatan jiwa, peningkatan kesehatan,..dan peningkatan pendidikan. Mengenai analisis maqâshid al-syarîah dalam program pemberdayaan ini menunjukkan secara pemilihan program, implementasi program dan manfaat program desa berdaya di Desa Mrican terdapat unsur-unsur maqâshid al-syarîah yaitu Hifdz Ad-Din (Memelihara Agama) 2. Hifdz An-Nafs (Memelihara Jiwa) 3. Hifdz Al’Aql (Memelihara Akal) 4. Hifdz An-Nasb (Memelihara Keturunan) 5. Hifdz Al-Maal (Memelihara Harta).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofi'ah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:35
Last Modified: 15 Jun 2022 07:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19025

Actions (login required)

View Item View Item