STRATEGI KOMUNIKASI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA KPI IAIN PONOROGO DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL

Pertiwi, Nuzulul Indah (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA KPI IAIN PONOROGO DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
302180113_Nuzulul Indah Pertiwi_KPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

PERTIWI, NUZULUL INDAH. 2022. Strategi Komunikasi Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa KPI IAIN Ponorogo dengan Penggunaan Media Sosial. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muchlis Daroini, M. Kom. I
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pengembangan, Kewirausahaan Mahasiswa KPI , Media Sosial.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta tentang banyaknya Mahasiswa KPI IAIN Po yang memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan produknya dan telah terbukti meningkatkan omzet penjualan produknya setiap bulannya. Sementara itu secara teoritis, strategi komunikasi merupakan upaya untuk mengenalkan produk pada konsumen yang sangat penting karena berkaitan dengan keberhasilan yang akan diperoleh penjual baik melalui pemasaran online maupun pemasaran langsung. Oleh karenanya penelitian ini merumuskan masalahnya dan tujuan hendak mengetahui: (1) Proses komunikasi kewirausahaan dalam memasarkan produk ke Media Sosial oleh Mahasiswa KPI IAIN Ponorogo (2) Faktor penghambat sosial media dalam mempromosikan usahanya oleh Mahasiswa KPI IAIN Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu menganalisis strategi komunikasi pemasaran produk yang dilakukan oleh Laaroiba. Peneliti mendapatkan data tersebut dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) proses komunikasi yang dilakukan Laaroiba menerapkan strategi komunikasi yang terarah, dan mencakup komponen komunikasi (sumber, pesan, media, penerima, efek dan umpan balik), (2) Laaroiba, juga ditemukan faktor penghambat. Faktor penghambatnya adalah adanya pesaing bisnis online lainnya, adanya followers yang kurang minat dengan postingan mereka, adanya feedback negatif, dan tidak adanya hak cipta yang membuat foto atau postingan dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:05
Last Modified: 15 Jun 2022 07:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19023

Actions (login required)

View Item View Item