Nilai Moral dalam Novel Anak-Anak Merapi dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SD/MI

Utami, Mega (2022) Nilai Moral dalam Novel Anak-Anak Merapi dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MEGA UTAMI_203180196_IAIN PONOROGO.pdf

Download (965kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Utami, Mega. 2022. Analisis Nilai Moral dalam Novel Anak-Anak Merapi dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran PPKn Di SD/MI. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, H. Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci: Moral, Novel Anak-Anak Merapi
Nilai-nilai kehidupan di dalam novel dapat dimanfaatkan sebagai pedoman sikap dan perilaku pembacanya. Namun, tidak semua orang mampu memahami nilai yang terkandung di dalamnya. Untuk mampu memahami makna tersebut maka diperlukan pemahaman lebih dalam memahami nilai tersebut. berdasarkan hal tersebut maka nilai moral dalam novel dapat dimanfaatkan dalam proses menanamkan moral pada siswa salah satunya melalui mata pelajaran PPKn di SD/MI.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui nilai moral hubungan manusia dengan dirinya sendiri yang terdapat dalam novel Anak-Anak Merapi, untuk mengetahui nilai moral hubungan manusia dengan manusia lain yang terdapat dalam novel Anak-Anak Merapi, untuk mengetahui relevansi nilai moral dalam Anak-Anak Merapi dengan mata pelajaran PPKn di SD/MI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data penelitian ini adalah novel Anak-Anak Merapi sebagai data primer dan beberapa literatur lain yang dugunakan sebagai sumber data sekunder. Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi (dokumenter) dengan cara mengumpulkan data penelitian melalui dokumen-dokumen pendukung yang berhubungan dengan data yang akan diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai moral dalam novel Anak-Anak Merapi, yaitu: (1) Hubungan manusia dengan dirinya sendiri (jujur, bertanggung jawab, dan disiplin). (2) Hubungan manusia dengan manusia lain (tolong menolong, gotong royong, berbakti keepada orang tua, peduli, menghargai orang lain/ toleransi, dan meminta maaf dan memberi maaf). (3) Relevansi antara nilai moral dalam novel Anak-Anak Merapi dengan mata pelajaran PPKn di SD/MI terdapat pada Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:04
Last Modified: 15 Jun 2022 07:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19019

Actions (login required)

View Item View Item