Manajemen Pembelajaran Tahfizul Qur'an di MTsN 3 Ponorogo Era Pandemi

Sholikin, Muhammad (2022) Manajemen Pembelajaran Tahfizul Qur'an di MTsN 3 Ponorogo Era Pandemi. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS M. SHOLIKIN. MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sholikin,Muhammad. Menghafal Al-Qur’an bukanlah hal yang sederhana dan tidak bisa dilakukan kebanyakan orang tanpa meluangkan waktu khusus. Proses menghafal Al-Qur’an sangat penting diperhatikan, kesungguhan mengerahkan kemampuan dan keseriusan dan begitu juga diperlukan lembaga-lembaga khusus serta guru pengampu yang spesial dalam bidang tahfiz. dalam konteks inilah MTsN 3 Ponorogo merupakan lembaga pendidikan yang menerapkan pembelajaran Tahfizul Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Perencanaan Pembelajaran tahfiz di MTsN 3 Ponorogo. (2) Pengorganisasian Pembelajaran tahfiz di MTsN 3 Ponorogo (3) Pelaksanaan Pembelajaran tahfiz di MTsN 3 Ponorogo. (4) Evaluasi Pembelajaran tahfiz di MTsN 3 Ponorogo
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, lokasi penelitian di MTsN 3 Ponorogo. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Pembina tahfiz dan Guru Pengampu tahfiz di MTsN 3 Ponorogo.
Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data penelitian ini menghasilkan temuan bahwa dalam Perencanaan Manajemen Pembelajaran Tah}fi>z}ul Qur’an di MTsN 3 Ponorogo yakni komponen Standar Kompetensi atau Kompetensi Inti belum dicatumkan, pengorganisasian pembelajaran Tah}fi>z}ul Qur’an dalam memberikan fasilitas kelengkapan pembelajaran, kedudukan guru untuk menentukan dan mendesain dalam pembelajaran sesuai dengan Konsekuensi dari Surat Keputusan Kepala Madrasah, pelaksanaan pembelajaran Tahfiẓul Qur’an dilakukan secara daring dengan memanfaatkan akses internet, menggunakan media handphone melalui pesan group whatsApp, Hasil evaluasi program pembelajaran Tahfiẓ Al-Qur’an terkait Perencanaan, organisasi, pelaksanaan dan evaluasi ada yang terlaksana dengan baik ada juga yang belum dan akan melakukan perbaikan dan penyempurnaan. Dan Pengunaan internet melalui pesan group whatsApp di MTsN 3 Ponorogo juga memiliki dampak positif dan negatif bagi guru maupun siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Dhinuk Puspita Kirana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:13
Last Modified: 15 Jun 2022 07:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19018

Actions (login required)

View Item View Item