Komparasi Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Mata Pelajaran IPS Klas V di MI Miftahul Huda Sukolilo

Masruroh, Tsani Ayu (2022) Komparasi Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Mata Pelajaran IPS Klas V di MI Miftahul Huda Sukolilo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180120_TSANI AYU MASRUROH_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Masruroh, Tsani Ayu. 2022. Komparasi Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan dan Tidak Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Mata Pelajaran IPS Klas V di MI Miftahul Huda Sukolilo Tahun 2021/2022. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M. Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Snowball Throwing, IPS, Siswa.
Hasil belajar digunakan untuk mengetahui adakah perbedaan antara sesudah dengan sebelum dilaksanakannya pembelajaran. Model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dengan adanya model pembelajaran diharapkan siswa dapat lebih paham dan aktif dalam pembelajaran yang berlangsung. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing. 2) Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran snowball throwing. 3) Mengetahui adakah perbedaan hasil belajar yang signifikan antara yang menggunakan dan tidak menggunakan model pembelajaran snowball throwing.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode komparasi. Penelitian dilakukan di MI Miftahul Huda Sukolilo dengan jumlah sampel 36 siswa yang terdiri kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan post test. Teknik analisis data menggunakan data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian adalah: 1) Hasil belajar siswa MI Miftahul Huda Sukolilo yang menggunakan model snowball throwing dalam kategori tinggi 22%, sedang 56%, dan rendah 22%. 2) Hasil belajar siswa MI Miftahul Huda Sukolilo yang tidak menggunakan model snowball throwing dalam kategori tinggi 22%, sedang 51% dan rendah 27%. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara yang menggunakan dan tidak menggunakan model snowball throwing. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan 0,000, dimana nilai ini lebih kecil dibanding signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:10
Last Modified: 15 Jun 2022 07:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19014

Actions (login required)

View Item View Item